Tim DLH Lahat Periksa Air Warga Sukamarga, Diduga Penyebab Stunting pada Anak

Tim DLH Lahat Periksa Air Warga Sukamarga, Diduga Penyebab Stunting pada Anak

Kades Sukamarga Rislansyah memperlihatkan kondisi air yang berlumpur.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Merapi Barat – Tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat mendatangi Desa Sukamarga Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.


Tim DLH melihat debu di lantai rumah warga.-Foto : dok/lahatpos.co-

 

Kedatangan tim DLH berkaitan dengan perintah langsung Bupati Lahat Cik Ujang SH, terkait dengan kondisi di Desa Sukamarga yang menurut pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat yang menyatakan tingginya angka Stunting di Desa Sukamarga, salah satunya dikarenakan adanya dampak dari keberadaan stokfile (pengepukan batubara) di sekitar pemukiman

Kepala Desa Sukamarga Rislansyah mengatakan, kehadiran pihak DLH Kabupaten Lahat mengecek lokasi pemukiman, mengecek kondisi air sumur di Desa Sukamarga, serta mengambil sampel air sumur yang berada di sekitar wilayah stokfile.

Kedatangan tim DLH ini berkaitan dengan dampak endapan batu bara di jalur rel gerbong PT MAS dan PT BAU. Jika turun hujan yang disinyalir akan mengalir ke aliran area perumahan warga.

BACA JUGA:Polsek Jarai Dapat Karangan Bunga Ucapan Selamat, Berhasil Ungkap Kasus Ini

“Dari hasil pemeriksaan pihak DLH  di Desa Sukamarga, terutama di wilayah sekitar stokfile, maka pihak DLH akan segera memanggil perusahaan yang ada di sekitar Desa Sukamarga diantaranya, PT Kalog, PT BAU, dan PT MAS,” ungkap Rislansyah.

Rislansyah juga berharap pihak terkait juga pihak perusahaan yang berada di sekitar Desa Sukamarga untuk membantu memperhatikan warga di sekitar wilayah stokfile. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: