DPMDes Lahat Beri Pembinaan kepada Pengurus Lembaga Adat Desa di Merapi Barat

DPMDes Lahat Beri Pembinaan kepada Pengurus Lembaga Adat Desa di Merapi Barat

Pengurus lembaga adat desa berkumpul di kantor Camat Merapi Barat.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Lahat kunjungi Kecamatan Merapi Barat. Dalam rangka Pembinaan dan Pembekalan Pengurus Lembaga Adat Desa Se-Kecamatan Merapi Barat, Kamis, 13 Oktober 2022.

Kepala DPMDes Kabupaten Lahat Darul Efendi SE MM melalui Sekretaris  DPMDes, Subhan Awali S STp M.Si didampingi Analisis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Kelembagaan DPMDes, Elf Desmond menjelaskan, kunjungan ke kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat ini dalam rangka silaturahmi. Sekaligus memberikan pembinaan kepada ketua dan tokoh tokoh adat yang ada di desa- desa.

"Kunjungan ini juga untuk menjaga dan melestarikan adat istiadat yang ada di desa, serta pembinaan ini akan kita laksanakan secara bertahap," ujarnya.

Lebih lanjut Subhan juga menjelaskan, bahwa aturan adat yang  selama ini tidak tertulis bisa dibuat menjadi peraturan desa, sehingga dapat diketahui dan dapat dipublikasikan ke masyarakat.

BACA JUGA:Emak emak Merapi Area Bertemu Gubernur Sumsel, Ini yang Dibahas

"Kita juga memonitoring arah program kerja lembaga adat di desa sehingga dapat sinkron antara lembaga adat desa dan lembaga adat di kabupaten," lanjutnya.

"Dalam kunjungan ini juga, kami sharing dengan ketua adat masing masing desa. Misalnya apakah mereka (tokoh adat) juga dilibatkan atau tidak, dalam kegiatan pemerintahan desa," ungkapnya.

"Kami juga menerima saran dan masukan, jika ada kendala, ataukah tidak, dalam kegiatan di desa, sehingga tokoh adat ini diharapkan dapat mengembangkan adat  di desa masing masing,” ucapnya. 

Sehingga dalam silaturahmi ke desa, kita juga berharap seluruh desa di Kabupaten Lahat dapat membuat aturan desa, tentang adat dalam mengatur kehidupan bermasyarakat di desa masing-masing. Sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang tentram, aman, nyaman sehingga bisa mewujudkan visi dan misi Bupati Lahat Bercahaya.

Hadir juga Camat Merapi Barat yang diwakili Sekcam Dahrifagustian SP MM, tokoh adat Kabupaten Lahat, dan tokoh adat se Kecamatan Merapi Barat. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: