TMMD ke 115 Resmi Dimulai Ditandai Pemukulan Gong oleh Bupati Lahat

TMMD ke 115 Resmi Dimulai Ditandai Pemukulan Gong oleh Bupati Lahat

Bupati Lahat, Cik Ujang didampingi Dansatgas TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono dan Forkompimda memukul gong tanda resminya kegiatan TMMD ke 115, di Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Selasa 11 Oktober 2022, -Novri/Lahatpos.co---

LAHAT, LAHATPOS.CO - Program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat Tahun Anggaran (TA) 2022 telah resmi dimulai, dengan ditandai pemukulan gong oleh Bupati Lahat, Cik Ujang SH, di Lapangan Sepakbola Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP mengatakan, bahwasanya kegiatan telah resmi dimulai, dan beberapa item pembangunan fisik pun langsung di kerjakan, yang mana pelaksanaannya berakhir 9 November 2022.

"Ada beberapa pembangunan fisik seperti, jembatan penyeberangan, akses jalan sepanjang 2,5 Kilometer (KM), rehab masjid, bedah rumah, sarana pemandian umum, poskamling dan juga non fisik yakni penyuluhan-penyuluhan yang ditujukan nantinya kepada warga dan anak sekolah," jelasnya, Selasa 11 Oktober 2022.

Hal ini juga, sambung dirinya, berkat sumbangsih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dengan mengelontorkan dana sebesar Rp 1,5 M untuk membuat Desa Pagarbatu tidak lagi terisolir.

BACA JUGA:Rapat Verifikasi Administrasi dan Penandatanganan Berita Acara oleh KPU Lahat

"Makanya, kita buatkan akses jalan tembus hingga Desa Perigi, agar terhubung komunikasi dan juga memperlancar aktifitas masyarakat yang mayoritas mata pencahariannya sebagai petani dengan berkebun kopi dan karet," tegas Toni Oki Priyono.

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengemukakan, dengan adanya program TMMD ke 115 ini, tentunya akan memberikan dampak positif sekali, terutama bagi desa itu sendiri dengan pembangunan fisik serta non fisik.

"Dengan demikian, Desa Pagarbatu yang selama ini aksesnya hanya melalui jembatan gantung, nantinya mereka akan disediakan jembatan penyeberangan maupun pembukaan jalan sepanjang 2,5 KM. Dengan sendirinya roda perekonomian rakyat berjalan sebagaimana mestinya," ucapnya.

Dirinya mengemukakan, ketika semuanya selesai dikerjakan, masyarakat yang selama ini hanya memiliki kendaraan sepeda motor, siapa tahu bisa membeli mobil dikarenakan akses sudah ada dan taraf hidup pun meningkat.

BACA JUGA:12 Orang Tidak Lulus Administrasi Seleksi Panwascam di Bawaslu Empat Lawang

"Selain infrastruktur, TMMD juga akan memberikan penyuluhan mengenai bahaya narkoba, wawasan kebangsaan (Wasbang), bela negara, posyandu, posbindu dan lain sebagainya, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri," pungkas Cik Ujang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: