Cegah Anak anak Remaja Lakukan Pernikahan Dini, Lidyawati Cik Ujang Libatkan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat

Cegah Anak anak Remaja Lakukan Pernikahan Dini, Lidyawati Cik Ujang Libatkan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat

Pengarahan Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang pada acara Bangga Kencana di Jarai Area.-Foto : dok/lahatpos.co-

JARAI AREA, LAHATPOS.CO – Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang mengajak peran tokoh agama (toma) dan tokoh masyaraat (toma) Jarai Area, untuk mengawasi anak anak remaja agar tidak terjadi pernikahan dini.

Pernikahan dini, salah satu penyebab melahirkan anak anak stunting. Karena mereka belum pandai memelihara anak anak yang dilahirkan.

Penjelasan ini disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang pada acara Pembinaan dan Penggerakan Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Toma) dalam Program Bangga Kencana di Aula Kantor Camat Jarai, Jumat 17 September 2022.

Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang menjelaskan, dimasa pandemi, anak anak remaja banyak yang libur sekolah. Tadinya sekolah di Kota Lahat, lalu balik ke desa masing masing. 

Tidak ada pekerjaan. Hobinya bermain ponsel. Jalan jalan kesana kesini, hingga terjadi pernikahan dini.

“Di situlah peran tokoh agama dan masyarakat, untuk mengingatkan kepada remaja. Kita berikan masukan/nasehat supaya tidak terjadi pernikahan dini. Akibat pernikahan dini sangat banyak. Mereka belum pantas dan belum bisa memelihara anak yang dilahirkan. Asupan gizi balita tidak terpantau,” terang Lidyawati Cik Ujang.

Lanjutnya, kalau usia remaja yang menikah belum sesuai dengan aturan pemerintah, biasanya remaja belum mengetahui agar kehamilanya sehat, atau tidak. Sehingga balitanya rawan kena stunting. 

Maka, dibutuhkan sinegisitas antara pemerintah dengan dinas terkait, KUA, tokoh agama, tokoh masyarkat, pkk, dan seluruh maysarakat tentang bahaya stunting. 

Hadir juga pada acara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lahat, Unsur Tripika Lahat; Camat Jarai, Kapolsek Lahat, Danramil Jarai, Ketua TP PKK Jarai, Kepala Puskesmas Jarai, Kepala Desa, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat Jarai Area.

Pada kesempatan itu juga, Lidyawati Cik Ujang menyampaikan pesan dan salam dari Bupati Lahat Cik Ujang SH. Mengajak tokoh agama dan tokoh masyarakat Jarai Area, terus mendukung program Pemerintah Kabupaten Lahat dalam mewujudkan Lahat Bercahaya. Juga menyampaikan salam dua periode, untuk kepemimpinan Bupati Lahat Cik Ujang SH dan Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: