Gubernur Sumsel Ajak Bupati/Walikota Kawal Pendataan Awal Regsosek BPS, Turunkan Kemiskinan 1 Digit

Gubernur Sumsel Ajak Bupati/Walikota Kawal Pendataan Awal Regsosek BPS, Turunkan Kemiskinan 1 Digit

Gubernur Sumsel Herman Deru saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Regsosek BPS Provinsi Sumsel yang dilaksanakan di Hotel Novotel Palembang, Senin (12/9).-Foto : Humas Pemprov Sumsel-

PALEMBANG, LAHATPOS.CO - Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak para Bupati/Walikota untuk mengawal Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel agar berjalan sukses. 

Hal ini menurutnya sebagai momentum emas dalam menurunkan kemiskinan di Sumsel menjadi 1 digit.

"Kita harus bangga Sumatera Selatan, provinsi pertama di Indonesia yang mengadakan rakor. Ini bukti komitmen kuat kita dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Gubernur Herman Deru saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Awal Regsosek BPS Provinsi Sumsel yang dilaksanakan di Hotel Novotel Palembang, Senin (12/9).

Herman Deru menilai, dalam kurun waktu satu bulan kedepan, sebanyak 13 ribu lebih petugas pendata akan melakukan pendataan langsung ke tengah masyarakat. 

BACA JUGA:Pemprov Sumsel akan Beri Bantuan Hukum kepada Keluarga Alm MM, Santri Ponpes Gontor Meninggal Dunia

Karena itu, dia mengajak kerjasama masyarakat untuk memberikan data yang benar kepada petugas, agar data yang terkumpul merupakan data yang valid. 

Sehingga sangat wajar jika terebut juga melibatkan para kepala daerah dari 17 kabupaten/kota di Sumsel. Sehingga pelaksanaan Regsosek di lapangan berjalan sesuai dengan harapan.

"Kita jadikan rakor ini mementum untuk kita berbenah. Jangan lagi ada kabupaten yang APBD besar kemiskinannya rendah. Saya minta wabup/wawako se Sumsel kawal pendataan ini  dan jangan disia-siakan," harapnya.

Para Bupati/Walikota  se-Sumsel dimintanya segera  mengadakan rakor serupa di daerah masing-masing dengan menghadirkan pemerintahan tingkat RT/RW sebelum Regsosek dimulai  pada  15 Oktober 2022.

BACA JUGA:Lidyawati Cik Ujang Peringati Hari Kesehatan Mulut dan Gigi Nasional Bersama Siswa Siswi SD Percontohan Lahat

“Dalam pelaksanaannya dilapangan Regsosek BPS tetap harus berkoordinasi dengan pemerintah setempat Kades, Kadus, dan Lurah, RT dan RT,” pesan Herman Deru. 

Dia menilai ditengah masjunya teknologi, jalannya Regsosek dapat berjalan lebih efektif  dan hasil yang didapat lebih akurat.

"Sekali lagi saya harapkan Regsosek ini benar-benar dapat dikawal, sebagai momen kita mewujudkan kemiskinan Sumsel  1 digit," tandasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI, M.Habibullah mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel  yang telah bersedia menyatukan persepsi dalam upaya pendataan melalui Regsosek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: