Wapres Ma'ruf Amin Tunjuk Herman Deru Sebagai Ketua KDEKS Sumsel

Wapres Ma'ruf Amin Tunjuk Herman Deru Sebagai Ketua KDEKS Sumsel

Wapres Ma'aruf Amin (kanan) bersama Gubernur Sumsel Herman Deru.-Foto : dok/lahatpos.co-

BACA JUGA:Mahasiswa Sumsel Tolak Kenaikan Harga BBM

Apalagi menurut Bapak Pembangunan Sumsel itu semakin kuatnya pemberdayaan pesantren  akan semakin banyak  pelaku usaha syariah yang mampu menangkap peluang dan terus meningkatkan kapasitas dan fasilitas untuk sertifikasi halal pada produk UMKM.

"Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi amanat dari KNEKS yaitu mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah guna mendukung ketahanan ekonomi nasional," ungkapnya.

Pemprov Sumsel, lanjut Herman Deru tercatat sebagai provinsi ke tiga di Indonesia yang telah membentuk  KDEKS.  

Dengan terbentukan kepenguruaan KDEKS Sumsel lanjut Herman Deru akan  semakin mendorong pengembangan ekositem industri halal  dengan model bisnis, permodalan dan akses pasar yang lebih baik dan mampu menjadi sumber  pertumbuhan ekonomi baru di Sumsel. 

BACA JUGA:Sertijab Kepala Perwakilan BPK RI Sumsel

"Kedepan diharapkan KDEKS Sumsel akan  menjadi motor penggerak dalam pembangunan usaha untuk memacu pertumbuhan dunia usaha dan memperkuat pemulihan ekonomi masyarakat menuju Sumsel Maju untuk Semua," tutupnya

Ditempat yang sama Direktur Utama Bank Sumsel Babel (BSB), Ahmad Syamsudin Syamsudin berharap BSB melalui ekonomi syariah dapat bersinergi dengan KDEKS dan MES dalam rangka membangun ekonominsyariah yang universal Rahmatan lil 'Alamin. Sebagai pondasi di Sumsel saat ini sudah berdiri dua bank wakaf mikro.

"Hari ini merupakan bukti bahwa  BSB  berinisiasi untuk mewujudkan masjid sebagai pusat kegiatan ekonomi disamping sebagai tempat ibadah maupun pendidikan," ungkapnya.

Dia menegaskan pada hari itu juga  BSB memperkenalkan Mart-Booth atau disebut lapak berjualan. 

BACA JUGA:Dukung Transisi Energi Bersih, PLN Serahkan Sertifikat Energi Terbarukan untuk 5 Istana Kepresidenan

"Mart-Booth ini merupakan mini kontainer sebagai tempat pengurus masjid maupun remaja masjid melakukan kegiatan ekonomi sebagai upaya memenuhi kebutuhan para pengujung masjid ataupun masyarakat sekitar seperti menjual sembako, minum, makanan kecil dan perlengkapan sholat serta lainya," paparnya.

Selain Mart-Booth lanjut dia, BSB juga mempunyai produk lainnya untuk  mendukung ekonomi syariah yaitu Ziswaf Mobile yang merupakan alat pembayaran zakat, infaq , sadakah dan wakaf melalui mobile banking BSB yang kerjsama melalui BAZNAS Sumsel dan Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Sumsel.

"Tak hanya itu BSB juga melakukan pembangunan Masjid selain tempat beribadah tapi juga tempat Kantor KDEKS dan MES serts pengembangan ekonomi syariah," tandasnya.

Untuk diketahui  dalam formatur kepengurusan KDEKS Sumsel selain Gubernur Herman Deru dan Wagub Mawardi Yahya sebagai Ketu dan Wakil Ketua, juga ada Sekretaris Daerah (Sekda) SA Supriono sebagai Sekretaris KDEKS. Kemudian Direktur Eksekutif KDEKS Sumsel, Kholid Mawardi dan Wakil Direktur Eksekutif KDEKS Ahmad Syamsudin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: