Partai Gelora HUT RI
PKB LAHAT HUT RI KE 77
HUT RI KE 77 DARI DPC PARTAI DEMOKRAT LAHAT
SRI MARHAENI HUT RI
BARMAWI HUT RI KE 77
Ucapan HUT RI ke 77 dari PT PAMA
Baner Lomba Video Kreatif
GP ANSOR

Enam Daerah Ini Waspada Hujan Petir

Enam Daerah Ini Waspada Hujan Petir

Prakiraan angin yang terjadi di Indonesia.-Foto: dok bmkg-

LAHATPOS.CO, Palembang – Ada enam daerah, Badan Meteorologi dan Klimatologi Provinsi Sumsel mengingatkan waspada hujan petir dan angin kenjang. Enam daerah ini adalah Muara Enim, Musi Rawas, Palembang, Ogan Ilir, Banyuasin, dan OKI.

Hal ini disebabkan adanya dua sirkulasi siklonik di Selat Karimata dan Samudra Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai, yang berpotensi memicu terjadi hujan dan petir di sejumlah daerah termasuk daerah di Sumsel.

Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi Provinsi Sumsel, Wandayantolis mengungkapkan, peringatan dini cuaca yakni, waspada potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang sampai malam hari.

"Ya, kami mengimbau untuk beberapa daerah tersebut untuk mewaspadai cuaca hujan disertai petir," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (3/8).

BACA JUGA:Polsek Plaju Fasilitasi Tahanan Menikah, Isak Tangis Terjadi

Dijelaskannya, pembentukan awan hujan memanjang dari laut Jawa bagian barat hingga Lampung di Laut Natuna dan di Samudra Hindia barat, Kepulauan Mentawai. Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Banten hingga Selat Sunda.

"Siang hingga sore hari, Sumsel juga berawan dengan potensi hujan sedang dan lebat di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin," timpalnya.

Pihaknya mengungkapkan, hal ini dapat menyebabkan bencana seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung. Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat untuk dapat mewaspadai cuaca ekstrim tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat agar dapat mewaspadai cuaca ini," imbuhnya. 

Sumber: