Pemda Lahat

Tiba di Madinah, 100 Orang Jemaah Haji Lahat Shalat Arba'in

Tiba di Madinah, 100 Orang Jemaah Haji Lahat Shalat Arba'in

Masjid Nabawi di Kota Madinah. Salah satu lokasi yang dikunjungi jemaah haji Lahat.-Foto : ist-

LAHATPOS.CO, Madinah - Setelah bergerak pukul 11.00 WAS dari Makkah tepat pukul 16.15 WAS, semua jemaah sampai di Kota Madinah. Termasuk 100 orang jemaah haji asal Kabupaten Lahat. Menjelang shalat maghrib, semua jemaah bergerak ke Masjid Nabawi untuk shalat maghrib berjamaah. 

Kesempatan maghrib berjamaah ini merupakan bonus, karena penandatangan perhitungan dimulainya shalat arbain (bayan tarhil), dari shalat isya' hari Selasa 2 Agustus sampai maghrib Rabu 10 Agustus 2022.

Setelah selesai shalat isya', kembali jemaah menempatkan barang bawaan masing-masing.

Karom 8 PLM, HM Gandil mengingatkan, agar semua jemaah dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, untuk melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Nabawi sebanyak 40 waktu (shalat arba'in).

BACA JUGA:Dukung Afiqah, Balita Asal Banjarsari Ikut Lomba Balita Sehat dan Cerdas Sumsel

Diingatkan oleh Rosulullah Muhammad SAW, bahwa "siapa yang melaksanakan shalat di masjidku 40 kali (arba'in) dengan khusyu' lillahi ta 'ala, dicatatkan baginya kebebasan dari neraka keselamatan dari siksa, dan ia bebas dari kemunafikan" (H.R. Ahmad).

Mengingat cuaca yang ekstrim, maka Gandil menganjurkan mengatur waktu keMasjid Nabawi harus membawa bekal seperti air minum, snack ringan.

Jika pergi untuk shalat dzuhur, langsung i'tikaf sampai waktu ashar berjamaah. Kemudian pulang ke hotel, demikian seterusnya maghrib ke 'isya'.

Shubuh juga bisa dilanjut dengan shalat sunnat isyroq, shalat dhuha dan dzikir lainnya.

BACA JUGA:Kompetisi Esports Pelajar Terbesar di Indonesia

“Mudah-mudahan, jemaah dapat lengkap shalat arbain, karena jarak dari hotel ke Masjid Nabawi hanya sekitar 500 meter,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: