Pemda Lahat

PKM Tinggi Hari Monev Administrasi dan Sarana Poskesdes

PKM Tinggi Hari Monev Administrasi dan Sarana Poskesdes

LAHAT, LAHATPOS.CO - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tinggi Hari, Kecamatan Gumay Ulu melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) administrasi dan sarana pos kesehatan desa (Poskesdes), termasuk kinerja bidan desa dalam pelayanan kepada penduduk desa.

"Selain itu, kita juga mengelar kegiatan posyandu lansia dan balita, sesuai instruksi menurunkan angka stunting hingga 14 persen," terang Kepala Puskesmas Tinggi Hari, Mapi Febtori SKep MM, Kamis (28/7/2022).

Mapi Febtori menambahkan, hal ini juga tidak lepas dari peran Pemerintah Desa (Pemdes) dan juga Bidan Desa, dalam memberikan layanan kesehatan, terutama sekali bagi ibu-ibu hamil, menyusui dan balita itu sendiri.

"Alhasil, Poskesdes dan Posyandu di Desa Simpur kegiatannya cukup baik, pun dengan menurunkan angka stunting," paparnya.

Dirinya berharap, peran aktif semua yang terlibat, akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas kesehatan, sehingga bisa menjadi bahan masukan bagi stakeholder.

"Untuk itulah, kami terus bergerak ke desa-desa baik melaksanakan posyandu maupun Monev, agar dalam pelaksanaannya bisa diarahkan lebih baik lagi," tandas Mapi Febtori.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Simpur, Nidi Heriansyah mengemukakan, pengurus posyandu maupun bidan desa sangat aktif, untuk memeriksakan kesehatan bagi ibu hamil, menyusui dan balita.

"Dengan pemberian makanan bergizi, tambahan susu formula, serta vitamin secara rutin dengan memperhatikan tinggi dan berat badan, akan membuat tumbuh kembang anak semakin baik. Seiring juga, penyuluhan terkait stunting pun terus dilakukan," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: