Serba Serbi Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M (8): Dua Hari Menjelang Armuzna

Serba Serbi Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M (8): Dua Hari Menjelang Armuzna

LAHATPOS.CO, Makkah - Dua hari menjelang armuzna. Bus Shalawat yang melayani jemaah untuk ke Masjidil Harom sudah diistirahatkan (tidak beroperasi), maka masing masing jemaah berupaya untuk menunaikan shalat wajib lima waktu menuju masjid terdekat dengan hotel.

Ada juga yang shalat lima waktu ini di mushalla hotel.

Ada pemandangan yang menarik seperti terjadinya antrian di depan mesin cuci, dengan tujuan yang sama, yaitu akan mencuci kain dan pakaian lainnya yang dipakai sejak dari Lahat.  

Bukan hanya ibu-ibu saja yang antri, tapi suami masing-masing juga ikut antrian dengan membantu istrinya. Tak terhindarkan juga antrian di tangga lif hotel.

“Masya Allah, suami dan istri saling membantu, terlebih saat menjemur pakaian ke lantai 19 hotel ini. Dari waktu ke waktu dihiasi dengan canda tawa, tak tampak status sosial, yang ada hanya jemaah dengan tujuan yang sama yaitu bertaubat padaNya,” ujar Karom 8 PLM, HM Gandil.

Setelah shalat 'isya' kembali kami berikan Bimbingan Manasik diruang mushalla hotel, dengan ceramah dan tanya jawab seputar rukun, wajib dan sunnat haji.

Alhamdulillah semuanya mengikuti dengan baik, dan minta kepada kami agar selalu diingatkan karena teorinya memang sudah dipelajari di Lahat, tapi saat akan diterapkan di lokasi yang sesungguhnya perlu diingatkan lagi demi kesempurnaan ibadah haji ini. (Bersambung…)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: