Pemda Lahat

Nilai Pancasila dan Patriotisme Menu Materi MPLS MAN 1 Lahat dari Dandim 0405/Lahat

Nilai Pancasila dan Patriotisme Menu Materi MPLS MAN 1 Lahat dari Dandim 0405/Lahat

LAHAT, LAHATPOS.CO - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0405/Lahat, Letkol Inf Toni Oki Priyono SIP memberikan materi mengenai nilai-nilai Pancasila dan Patriotisme dihadapan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lahat, yang sedang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Toni Oki Priyono menuturkan, bahwasanya nilai-nilai Pancasila tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, yang sering dijumpai pada kegiatan apapun.

"Misalnya, bergotong royong, saling membantu antar sesama, menghormati orang lain, suku dan agama, serta banyak lagi yang dapat kita temui pada kehidupan sehari-hari, dan bisa diamalkan dan diterapkan oleh siswa sebagai generasi penerus bangsa," jelasnya, Jumat (22/7/2022).

Selain itu, sambung dia, dari bunyi Pancasila inilah dapat dipetik pelajaran bagaimana, sebagai anak bangsa mampu beradaptasi dan menjalankan kewajiban untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Disinilah sikap patriotisme muncul, untuk melawan segala bentuk penjajahan, gerakan radikalisme bisa memecah belahan keutuhan dan kedaulatan rakyat," ucap Toni Oki Priyono.

Toni Oki Priyono berharap, melalui anak-anak MAN 1 Lahat inilah, bisa mewujudkan dengan mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sehingga menjadi benteng pertahanan terakhir dalam berjuang.

"Sehingga kedepan dapat mempersiapkan generasi muda yang cinta dengan tanah air NKRI," bebernya.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Lahat, Drs Sumila MPdi menuturkan, dengan adanya materi mengenai wawasan kebangsaan dan Pancasila ini, dapat menumbuhkan jiwa patriotisme.

"Itulah, tujuan dari kurikulum merdeka ini diterapkan, supaya membentuk siswa yang berakhlakul Karimah serta cinta Tanah Air Indonesia," tukasnya. (BERNAT)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: