Pagi Batu

Pagi Batu

 

Komentar Pilihan Disway*

Edisi 20 Juli 2022: Bechi Tidur

Mirza Mirwan

Ketika membaca Disway edisi hari ini sebelum Subuh tadi saya tersenyum geli. Pertama, karena si penulis yang alumnus ITB 1985 menuliskan namanya dengan aksara Jawa -- Bung Budi Utomo di bawah telah mengalihaksarakan, tetapi kurang "r", NURSETO ARDI PUTRANTO (bukan Adiputranto). Kedua, Nurseto sepertinya tidak biasa membaca Quran -- kalau membaca hanya terjemahan secara acak. Kalau biasa membaca Quran, pasti tahu bahwa secara eksplisit disebutkan 300 tahun, malah lebih 9 tahun (ayat 25). Justru jumlah 7 orang itu masih belum jelas -- ayat 22 menyebut ada yang bilang 3, 5, dan 7. Ketiga, Nurseto menganalisis Quran dengan perspektif science, tetapi pengetahuan agamanya masih tingkat ibtidaiyah. Allahyarham Profesor Baiquni saja dulu analisisnya tentang "penciptaan bumi dalam enam hari" saja sejalan dengan Quran -- enam hari artinya enam masa/era. Tetapi, begitulah. Kebetulan saya pernah membaca tulisan Nurseto, entah di mana, yang meragukan bahwa Ka'bah diserang pasukan Gajah. Alasannya tak mungkin ada gajah di Yaman -- setidaknya itulah yang saya ingat. Apa yang sebelum Subuh terpikir untuk saya tulis ternyata sudah ditulis Bung Ahmad Zuhri dan Impostor Among Us. Ilmu manusia, Profesor Doktor dalam bidang science sekalipun, hanya setetes air di laut kalau dibandingkan dengan ilmu Tuhan. Kalau saya menjadi Pak DI, saya tak akan memuat tulisan Nurseto itu.

 

Zaenul Husni

Cobalah kita minta saudara Nurseto Ardi Putranto menganalisis sisi ilmiah ayat lain yang mirip dengan kisah ashabul kahfi di surat Al Baqarah (2): 259; Allah menidurkan (mematikan) seseorang selama seratus tahun (lebih pendek dari ashabul kahfi), tapi yang ajaib itu makanannya tidak berubah, tidak terurai sebagai mana seharusnya, kira kira rumus kimianya bagaimana ya makanan bisa tahan ditempat terbuka selama seratus tahun tapi tidak berubah? Yang lebih ajaib lagi hewan tunggangannya yang di hidupkan kembali di depan matanya dari tulang belulang berserakan, kemudian di susun dan dibungkus daging sehingga menjadi utuh. hewannya ini tidak melalui proses normal yang dikandung, dilahirkan, kemudian tumbuh.. tidak... apa ilmu pengetahuan sekarang sudah bisa menganalisisnya? Klo belum ya... seperti kata Gus Dur: "Tinggal diimani saja, gitu aja kok repot. 

 

Agus Suryono

EXHUMASI - ATAU AUTOPSI ULANG.. Akhirnya, Mabes Polri setuju dilakukan Autopsi Ulang. Atas jenasah Brigadir J. Dan ini adalah sesuai (judul) tulisan Abah. Sekian hari yang lalu. Abah memang joss.. Kalau dulu di tahun 70an mendaftar masuk Polisi mungkin Abah akan pensiun dengan pangkat (minimal) KOMJEN. KOMJEN Dahlan Iskan..

 

Er Gham

Abah, kenapa dimuat? Itu hasil comot2x google, youtube, buku2 pelajaran SMA. Bukan penelitian sendiri. Saya kira tentang Bechi yang ketiduran saat ditahan, lalu berkurang berat badannya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: