Pemda Lahat

Bank Mantap Lahat Menggelar Sosialisasi Layanan dan Perbekalan Asabri kepada Prajurit TNI Jelang Pensiun

Bank Mantap Lahat Menggelar Sosialisasi Layanan dan Perbekalan Asabri kepada Prajurit TNI Jelang Pensiun

LAHATPOS.CO, Lahat – Bank Mandiri Taspen (Mantap) Cabang Pembantu Lahat menggelar sosialisasi layanan dan perbekalan Asabri untuk peserta BUP (batas usia pensiun) menjelang pensiun, periode 2022 sampai 2025. Kegiatan ini diselenggarakan Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat bekerja sama dengan PT Asabri (Persero) Kantor Cabang Palembang dan Kodim 0405 Lahat.

Acara berlangsung di Ballroom Hotel Bukit Serelo Lahat, Jumat (15/07/2022). Hadir langsung Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Tono Oki Priyono SIP, diwakili Kasdim 0405/Lahat, Mayor Inf Ridwan Efendi, Kepala PT Asabri (Persero) Cabang Palembang Dwi Puji Tugas Hartanto, Kepala Bank Mandiri Taspen Cabang Palembang, Davit Meringgo, Pimpinan Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat, Arif Priyatman, dan peserta sosialisasi.

Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Tono Oki Priyono SIP, melalui Kasdim 0405/Lahat, Mayor Inf Ridwan Efendi mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri Taspen (Mantap) Cabang Pembantu Lahat, telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini dengan baik.

Kepada peserta, Ridwan mengharapkan, hasil sosialisasi ini, bisa dibawa pulang untuk membuat perencanaan kedepan. Karena, ada yang tinggal hitungan bulan, ada juga beberapa tahun lagi, menjelang pensiun.

Sementara, Kepala PT Asabri (Persero) Cabang Palembang, Dwi Puji Tugas Hartanto mengatakan, dalam kaitan dengan peningkatan pelayanan dari PT Asabri (Persero) kepada para peserta. Dalam hal ini, kegiatan salah satunya melaksanakan sosialisasi terkait manfaat program Asabri dan manfaat perbankan, dari salah satu mitra bayar yakni Bank Mandiri Taspen, kepada prajurit TNI, ASN, dan ibu ibu Persit Kartika Chandra Kirana wilayah Kodim 0405 Lahat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para peserta Asabri tentang hak dan kewajiban sebagai peserta Asabri. Manfaat pembayaran pensiun yang dilaksanakan oleh Bank Mandiri Taspen di wilayah Kabupaten Lahat.

“Pertemuan ini maksudkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Asabri, ketika mereka memasuki masa purna tugas, atau purna bakti sebagai prajurit TNI. Dengan harapan, agar kehidupan mereka, setelah memasuki pensiun, tetap dalam keadaan sehat dan menerima haknya sesuai peraturan yang berlaku,” jelasnya.

Peserta merupakan prajurit TNI dan ASN yang satu hingga tiga tahun menjelang pensiun. Rata rata bertugas diatas 30 tahun lebih. Di Lahat, ada sekitar 60 orang yang memasuki masa pensiun, tersebar di satuan satuan di bawah Kodim 0405 Lahat.

Lanjut Dwi, Bank Mandiri Taspen, salah satu mitra PT Asabri (Persero) yang cukup lama bersinergi, sebagai mitra bayar. Sudah ratusan peserta PT Asabri yang kantor bayar pensiunnya menggunakan mitra bayar Bank Mandiri Taspen se Sumatera Selatan. Termasuk Jambi dan Bangka Belitung. Sesuai dengan wilayah kerja PT Asabri Palembang.

Mitra Bayar Terbaik Pertama Tahun 2021

Dwi mengakui, secara keseluruhan, pelayanan kepada peserta PT Asabri, yang dilakukan oleh unit unit kerja Bank Mandiri Taspen yang ada di Provinsi Sumsel, Jambi dan Babel. Khususnya Sumsel, sudah sangat baik. Bahkan, se Indonesia.

Bank Mandiri Taspen, menjadi salah satu mitra bayar PT Asabri yang terbaik. Dengan bukti, berdasarkan penilaian yang dilakukan PT Asabri (Persero) kepada seluruh mitra bayarnya, untuk kinerja tahun 2021, maka Bank Mandiri Taspen untuk kinerja secara nasional menjadi Mitra Bayar Terbaik Pertama.

“Ada peningkatan, kinerja Bank Mandiri Taspen ditahun 2020, secara nasional menjadi mitra bayar terbaik kedua. Nah, tahun 2021, terbaik pertama. Maka, di tahun ini, yang dilakukan Bank Mandiri Taspen kedepan adalah mempertahankan, sekaligus, meningkatkan kinerja pelayanan kepada peserta Asabri,” ungkapnya.

Sambutan Kepala Bank Mandiri Taspen Cabang Palembang, Davit Meringgo, mengucapkan terima kasih kepada PT Asabri Cabang Palembang dan Kodim 0405 Lahat telah bekerja dengan Bank Mandiri Taspen menggelar kegiatan ini. Davit juga mengenalkan bahwa Bank Mandiri Taspen berasal dari PT Bank Mandiri Persero (Tbk) dan PT Taspen Persero. Sahamnya 51,01 milik Bank Mandiri, 48,06 milik PT Taspen.

Bank Mandiri Taspen sudah bekerja sama dengan PT Asabri Persero, sekaligus sebagai mitra untuk berkewajiban memberikan pelayanan terbaik bagi peserta Asabri. “Jadi, terima kasih banyak dari Asabri, yang mempercayakan kami untuk memberikan pelayanan terbaik. Bank Mandiri Taspen khusus untuk melayani pensiunan TNI, Polri, dan ASN. Produknya bank sama seperti bank yang lain seperti tabungan, deposito, giro, dan lainnya,” ujarnya.

Ada tiga pilar program Bank Mandiri Taspen, yakni Mantap Sehat, Mantap Sejahtera, dan Mantap Aktif. Bagi pensiunan, seiring perjalanan usia, akan terjadi penurunan kesehatan. Walaupun tentu, kita semua berharap, semuanya dalam keadaan sehat. Maka, melalui Mantap Sehat, Bank Mandiri Taspen melakukan kegiatan senam sehat bersama, pengecekan kesehatan gratis, maupun hal lain yang berkaitan kesehatan.

Kemudian, Mantap Aktif bersifat sosial dan religi. Biasanya, kalau sudah pensiuan, aktivitas berkurang. Biasanya, salah satunya menjadi MC (menjaga cucu). Nah, Bank Mandiri Taspen memiliki kegiatan yang bersifat sosial maupun religi.  Selanjutnya, Mantap Sejahtera, Bank Mandiri Taspen melakukan pelatihan wirausaha skala kecil, menengah, dan besar.

“Program ini akan kami tawarkan kepada Asabri yang disesuaikan dengan potensi daerah masing masing,” ucapnya.

Pimpinan Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat, Arif Priyatman menyampaikan, kegiatan ini ingin memberikan komunikasi, edukasi, dan pencerahan, bahwa proses layanan pensiun itu sekarang sudah serba instan. “Peserta akan dijelaskan, manfaat dan hak hak yang didapatkan oleh para peserta dari TNI Kodim 0405 Lahat,” ujarnya.

Bank Mandiri Taspen juga ingin mengenalkan kepada peserta, bahwa pengurusan berkas dan klaim klaim yang lain, ada Namanya Asabri Link. “Kami sebagai mitra bayar Asabri, selalu mendukung memberikan pelayanan terhadap calon calon pensiunan TNI yang ada di Kabupaten Lahat dan sekitarnya,” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: