Pemda Lahat

Bank Mantap Lahat dan BKPSDM Gelar Sosialisasi Ketaspenan dan Layanan Perbankan untuk Pensiunan PNS

Bank Mantap Lahat dan BKPSDM Gelar Sosialisasi Ketaspenan dan Layanan Perbankan untuk Pensiunan PNS

LAHAT, LAHATPO.CO – Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Sekda Lahat Chandra SH MM membuka sosialisasi pengenalan produk layanan, program unggulan, dan pembekalan yang berkaitan dengan pelayanan perbankan dari Bank Mandiri Taspen, sekaligus pembinaan administrasi pengusulan pensiun bagi PNS di lingkungan Kabupaten Lahat. Kegiatan ini diselenggarakan Bank Mandiri Taspen (Mantap) Cabang Pembantu Lahat bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lahat, di Aula Hotel Bukit Serelo Lahat, Rabu (22/06/2022).

Dalam sambutannya, Sekda mengharapkan sosialisasi ini, bukan saja sebatas pengetahuan mengenai pendanaan yang diberikan oleh Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat, namun juga dapat memberikan wujud nyata berupa kegiatan usaha yang dapat didanai oleh pihak Bank Mandiri Taspen, sehingga PNS yang akan memasuki purna tugas telah mempunyai bekal persiapan ketika sudah benar benar memasuki batas usia pensiun. “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan nantinya bisa dikembangkan sebagai modal dalam menyiapkan diri dimasa pensiun,” ujarnya.

Perbankan dapat bekerja sama dalam mengadakan pendidikan dan pelatihan, serta bantuan modal usaha sebagai bekal bagi PNS yang pada masa pensiunnya ada keinginan untuk berwirausaha.

“Khusus PNS memasuki batas usia pensiun, kami mengharapkan pihak Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat, benar benar dapat melayani dengan sebaik baiknya. Dimana, pada saat pegawai tersebut mengajukan klaim tunjangan hari tua pada PT Taspen, dan pengambilan gaji bulanan, kiranya untuk dapat diberikan jadwal dan loket khusus supaya pegawai yang sudah memasuki masa pensiun akan benar benar merasakan pelayanan yang nyaman dari Bank Mandiri Taspen Kabupaten Lahat,” terangnya.

Selain itu, Sekda mengharapkan Bank Mandiri Taspen selalu komitmen dan terus berkoordinasi dengan SKPD terkait, khususnya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lahat.

Untuk diketahui, jumlah PNS yang akan memasuki masa pensiun ditahun 2022 sebanyak 220 orang berdasarkan listing dari BKN Regional VII Palembang.

“Kepada seluruh peserta sosialisasi, agar setelah mengikuti pembinaan ini dapat memberikan penjelasan dan informasi yang tepat kepada PNS lainnya, terutama sekali tentang pelayanan yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat,” harapnya.

Sementara itu, Pimpinan Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat, Arif Priyatman menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Sekda Lahat Chandra SH MM, yang telah membuka kegiatan sosialisasi ini.

Dikatakan Arif, kegiatan sosialisasi ini sangat penting diikuti oleh PNS/ASN yang akan memasuki masa pensiun. Bahwa Bank Mandiri Taspen menggratiskan pembukaan rekening kepada para pensiunan PNS. Tidak dikenakan biaya administrasi apapun.

Kemudian, Bank Mandiri Taspen memiliki produk layanan Mantap Mobile Banking. Produk ini untuk memudahkan para pensiunan melakukan transaksi keuangan melalui ponsel. Apalagi para pensiunan ini nantinya, tidak semuanya berada di Kota Lahat. Mereka tersebar dimana dimana, sehingga transaksi keuangan dapat melalui Mantap Mobile Banking.

Selain itu, ada juga produk Pinjaman Usaha Pensiun. Bunga rendah, biaya asuransi rendah, dan penalty pelunasan ringan. Dengan maksimal pinjaman platform sebesar Rp 350 juta.

Melalui sosialisasi ini, Arif mengharapkan para calon ASN pensiunan ini mengerti terhadap hak hak mereka setelah memasuki masa pensiun. Salah satunya, diberikan buku rekening gratis secara cuma cuma, dan di dalamnya diberikan saldo uang sebesar Rp 100 ribu.

Lanjut Arif Priyatman, Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat juga melayanan nasabah dari kabupaten/kota seperti Empat Lawang, Pagaralam, Muara Enim, dan Pali. Bank Mandiri Taspen Cabang Pembantu Lahat juga telah memiliki 1.300 nasabah pensiunan.

Sosialisasi ini juga dihadiri Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lahat, Drs M Aries Farhan MSi, Perwakilan Taspen Lubukinggau, Zumroni, dan para ASN yang memasuki masa pensiunan dari dinas instansi dilingkungan Pemda Lahat. (dian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: