Muara Enim Akan Terapkan ETLE

Muara Enim Akan Terapkan ETLE

MUARA ENIM, LAHATPOS.DISWAY.ID - Sebagai bentuk dukungan penerapan Tilang Elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk menciptakan tertib berlalulintas, Pemkab Muara Enim melalui RAPBD Perubahan 2022 akan menghibahkan pengadaan 2 perangkat ETLE sebesar Rp 1,7 milyar kepada Polres Muara Enim

Ibah pengadaan 2 perangkat ETLE tersebut disampaikan Plh Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi dalam pertemuan dengan Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIK MSi dan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Satgas ETLE Ditlantas Polda Sumsel AKBP Erwin Aras Genda SH SIK MT di Balai Agung Serasan Sekundang, Muara Enim, Senin (13/6) malam.

“Rencananya 3 titik perangkat ETLE di Muara Enim yakni di Simpang Jembatan Enim II, Simpang Tugu Pahlawan dan Simpang Kepur, batas kota Muara Enim,” jelas  Plh Bupati Muara Enim Kurniawan yang didampingi Pj Sekretaris Daerah Drs Emran Tabrani MSi.

Menurut Kurniawan, bahwa penerapan ETLE ini sangat penting dalam mendukung tranformasi digitalisasi tilang demi terciptanya budaya tertib dan disiplin masyarakat dalam menjaga keselamatan maupun keamanan berlalulintas. Oleh sebab itu, kata dia, paling tidak melalui RAPBD Perubahan 2022 ini akan diusulkan belanja hibah pengadaan 2 perangkat ETLE sebesar Rp 1,7 milyar kepada Polres Muara Enim.

“Nanti pada tanggal 1 Juli mendatang dirinya akan menandatangani nota kesepahaman dengan Kapolda Sumsel sekaligus menandai peluncuran penerapan ETLE serentak di Sumsel oleh Gubernur H Herman Deru,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kurniawan, bahwa penempatan ketiga titik perangkat tadi masih akan dikaji lebih lanjut oleh tim teknis dari Dishub Muara Enim dan Satlantas Polres Muara Enim. Tak hanya mendorong keamanan dan ketertiban berlalulintas, berharap penerapan ETLE ini juga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui denda tilang dan balik nama kendaraan yang memiliki nomor registrasi kendaraan luar daerah.

Sementara itu Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto melalui Kasat Lantas AKP Indrowono, bahwa bantuan Rp 1,7 Miliar dari Pemkab Muara Enim tersebut baru untuk 2 buah ETLE, rencananya akan dipasang di depan kantor Pemda Muara Enim dan depan RSUD dr HM Rabain Muara Enim. Sedangkan satu lagi masih kita survei lokasinya sehingga nantinya benar-benar tepat. “Kalau untuk 3 ETLE itu memerlukan dana sebesar Rp 2,4 Miliar,” ujarnya.(ozi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: etle