Program Desa Sirah Pulau OK, Dari Tekan Angka Stunting Dan Ciptakan Warga Siap Kerja Sampai Pencegahan Narkoba

Program Desa Sirah Pulau OK, Dari Tekan Angka Stunting Dan Ciptakan Warga Siap Kerja Sampai Pencegahan Narkoba

Program pemerintah desa Sirah Pulau dalam rembuk Stunting tahun 2024--

LAHATPOS.CO, Merapi timur - Beberapa program yang dicanangkan oleh pemerintah desa Sirah Pulau Kecamatan Merapi timur untuk menekan angka Stunting menjadi zero Stunting patut diacungi jempol.

Salah satu programnya adalah akan melibatkan berbagai pihak yang ada di desa Sirah Pulau untuk ikut membantu menekan angka Stunting di desa Sirah Pulau.

Dari beberapa hasil Rembuk Stunting yang berhasil dirangkum dan di sepakati di desa Sirah Pulau ada beberapa poin kesepakatan diantaranya

Saat ini Desa Sirah Pulau memiliki 1 anak stunting dan kedepanya pemerintah desa melalui kepala desa akan bekerjasama dengan pihak Puskesmas GGB dan pihak ke tiga PT BPI yang akan besama-sama menjadikan desa Sirah Pulau 0  (zero) Stunting "ujar Camat Merapi timur melalui Kasi Kesos Kecamatan Merapi Timur Dewi Rosita SE. Senin 29 Juli 2024.

"Bukan hanya itu saja tambah Dewi program kepala desa selanjutnya adalah pemerintah desa Sirah Pulau akan mengadakan pelatihan komputer dan setir mobil untuk remaja yang belum bekerja di desa Sirah Pulau."

Hal ini bertujuan agar warga desa Sirah Pulau nantinya akan siap untuk terjun langsung ke dunia kerja sehingga akan menciptakan peluang bagi warga untuk siap terjun langsung ke dunia kerja."

Program selanjutnya yang merupakan usulan dari bidan desa adalah memajukan posyandu remaja. Karena untuk pencegahan Stunting ini di mulai dari remaja yang menjadi calon ibu nantinya.

"Serta ada juga penambahan makanan tambahan untuk anak balita."

Kemudian ada juga menganti pemberian susu kotak yang selama ini sudah berjalan akan di ganti dengan susu buatan seperti susu kedelai yang dalam pengolahannya akan dibantu oleh pihak ke tiga yaitu PT BPI.

Dan ada usulan program yang terakhir adalah akan mengajukan usulan pagar untuk PAUD desa serta akan mengadakan sosialaisai untuk anak remaja di desa Sirah Pulau tentang bahaya narkoba yang akan mengundang /melibatkan pihak tekait di kecamatan, kepolisian / (BNN ) dan pihak kesehatan "tutupnya.

Hadir dalam rembuk Stunting Kades Sirah Pulau Hendra Febriansyah, Kasi Kesos Merapi Timur Dewi Rosita SE, BPD, Kapuskes GGB, Babinsa, Kader Posyandu dan perwakilan masyarakat (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: