Simak Tips Jitu Ajarkan Anak Agar Gemar Berbagi, Bikin Bangga Orang Tua

Simak Tips Jitu Ajarkan Anak Agar Gemar Berbagi, Bikin Bangga Orang Tua

parenting -sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – Pasti bangga rasanya kan mempunyai anak yang penyayang dan gemar berbagi ke sesama manusia.

Karna faktanya saat ini salah satu hal yang sulit dilakukan adalah berbagi, dan melalui trik jitu ini kamu bisa mengajarkan anak anakmu agar gemar berbagi dan membuat bangga orang tua.

Simak disini tipsnya.

1. Orangtua harus menjadi teladan yang baik 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadi teladan yang baik. anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka, sehingga menjadi penting bagi orangtua untuk menunjukkan contoh yang baik secara konsisten. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menunjukkan tindakan berbagi dalam situasi sehari-hari. Misalnya, orangtua dapat mengarahkan perhatian anak pada momen-momen sederhana di mana mereka berbagi makanan atau barang dengan orang lain

2. Jangan memaksa anak untuk berbagi 

Alangkah lebih baik untuk menciptakan sikap dan lingkungan yang mendorong anak untuk mau berbagi. Saat mengajak anak untuk berbagi, hargailah sifat posesif yang umum pada anak-anak. Berikan contoh dan dorongan yang positif, orangtua dapat membantu anak memahami pentingnya berbagi dalam berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, perhatikan bagaimana anak berperilaku saat bermain dalam kelompok.

3. Bacakan cerita tentang berbagi 

Selanjutnya, orangtua bisa membacakan sebuah cerita bertema berbagi saat waktu luang atau sebelum tidur. Cerita-cerita yang dibacakan tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pelajaran yang berharga yang dapat diterapkan anak dalam kehidupan sehari-hari.

4. Paparkan anak tentang perbuatan baik 

Ajaklah anak untuk berbicara tentang pentingnya perbuatan baik, terutama tentang bagaimana berbagi dapat membuat orang lain merasa bahagia. Sebagai contoh, orangtua bisa melibatkan anak dalam pengalaman langsung dengan mengajak mereka melihat proses menyumbangkan barang-barang untuk amal atau mengantarkan buku kepada teman untuk dibaca.

5. Diskusikan konsep berbagi 

Diskusikan dengan anak tentang arti sebenarnya dari berbagi dan bagaimana itu berhubungan dengan belas kasih dan kebaikan kepada orang lain. Memahami konsep berbagi bisa menjadi tantangan bagi anak-anak, oleh karena itu, penting untuk memiliki harapan yang realistis dan bersabar dalam proses pembelajaran ini. Diperlukan banyak dorongan, pujian, dan latihan untuk membantu mereka memahami bahwa berbagi tidak berarti kehilangan sesuatu yang penting bagi mereka.

6. Mainkan sebuah game

Melalui bermain game yang menyenangkan, anak-anak dapat belajar tentang konsep berbagi dengan lebih efektif. Permainan menarik perhatian mereka dan memungkinkan pembelajaran terjadi secara alami dalam suasana yang menyenangkan. Meskipun pada awalnya anak mungkin melihat "berbagi" sebagai kehilangan, namun dengan pemahaman konsep memberi-dan-menerima serta praktek bergiliran, mereka akan lebih mudah menerima konsep tersebut. Contoh permainan yang bisa dilakukan dengan metode bergilir. Misalnya orangtua dan anak bergiliran untuk memasang balok untuk membangun menara. 

7. Berikan banyak penguat positif 

Saat anak berbagi atau bergiliran, perhatikan dan pujilah mereka dengan tulus. Mengamati anak bersama teman-temannya dan memberikan penguatan positif, seperti menggunakan kata "aku", dapat membantu mereka merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berbagi. Misalnya, dengan mengatakan "Aku senang melihatmu berbagi mainan dengan temanmu" atau "Aku merasa bangga saat kamu bergantian dalam permainan.

Semoga bermanfaat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co