Simak Potensi Desa Tanjung Lontar Yang Didaulat Mewakili Kecamatan Merapi Timur Dalam Lomba Desa

Simak Potensi Desa Tanjung Lontar Yang Didaulat Mewakili Kecamatan Merapi Timur Dalam Lomba Desa

Penyambutan tim penilai lomba desa di desa Tanjung Lontar Merapi timur --

LAHATPOS.CO, Merapi timur  -  Tim penilai lomba desa tingkat Kabupaten Lahat kunjungi Desa Tanjung Lontar Kecamatan Merapi Timur dalam penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Lahat. Rabu 24 April 2024.

Di desa Tanjung Lontar tim penilaian yang dihadiri Sekretaris DPMDES Zubhan Awali SSTP MSI bersama staf disambut langsung Camat Merapi timur Aria Pulun SE didampingi Kepala Desa Tanjung Lontar, Forum Kades Merapi timur dan masyarakat Desa Tanjung Lontar.

Kepala Dinas DPMDES Darul Efendi SE MSi yang diwakili Sekretaris DPMDES Zubhan Awali SSTP Msi MSI mengatakan ada beberapa poin penting yang menjadi penilaian dalam lomba desa diantaranya dari sisi Pemerintahan, Pembangunan, dan Kemasyarakatan serta unsur kewilayahan.

"Dalam lomba desa ini sesuai dengan Permendagri no 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan"

"Dan termasuk inovasi-inovasi lainnya termasuk inovasi dari kepala desa juga bisa menjadi nilai tambah juga termasuk inovasi dari PKK dan lainnya seperti di desa Tanjung Lontar juga sudah memiliki Pendapatan Asli Desa (PAD) bahkan beberapa waktu lalu sudah bisa membagikan hasilnya ke masyarakat desa Tanjung Lontar"

"Karena ada juga yang desa yang hanya baik dari omongan saja dan setelah di koreksi administrasinya ternyata kosong itu yang sangat disayangkan. Sehingga administrasi desa agar dilaksanakan yang sesuai dengan aturan dan regulasi" terang Zubhan.

Selain itu tambah Zubhan dengan adanya lomba desa ini agar desa desa lain juga mempersiapkan diri karena kegiatan lomba desa ini merupakan agenda tahunan untuk desa.

Camat Merapi timur Aria Pulun SE mengharapkan dengan lomba desa ini bisa untuk mengembangkan potensi yang ada didesa.

"Dengan lomba desa ini atau sebagai evaluasi dari pihak Kabupaten Lahat terhadap desa-desa bisa menjadi dapat mengembangkan potensi potensi desa dan menggali potensi yang ada di desa."

"Selain itu dengan adanya lomba desa ini bisa di ikuti oleh desa-desa lainya dan kedepan desa-desa dan kelurahan bisa mempersipakan diri menjadi peserta lomba tingkat Kabupaten bahkan tingkat propinsi.

"Insya Allah Desa Tanjung Lontar siap menjadi juara lomba desa sehingga bisa menjadi pemicu desa-desa lainnya untuk menggali potensi dan kinerja yang ada di desa dan jika dipercaya kepala desa siap untuk mewakili Kabupaten Lahat untuk mengikuti lomba desa tingkat propinsi.

Sementara Kepala Desa Tanjung Lontar Ujang Roni mengungkapkan Alhamdulillah kami Pemerintah desa Tanjung Lontar siap jika di percaya bisa mewakili Kabupaten Lahat dalam lomba desa tingkat Propinsi.

"Alhamdulillah Desa Tanjung Lontar bisa mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten Lahat."

"Harapan kami dan harapan masyarakat desa Tanjung Lontar semoga desa Tanjung Lontar dapat mengukir prestasi dan menjadi juara dalam lomba desa pada evaluasi lomba desa tingkat Kabupaten Lahat."

Di Desa Tanjung Lontar alhamdulillah desa Tanjung Lontar sudah memiliki PAD (Pendapatan Asli Desa) yang artinya desa Tanjung Lontar juga sudah memiliki penghasilan desa untuk kemakmuran masyarakat desa"

"Dan alhamdulillah dari Pendapatan Asli Desa (PAD) yang merupakan kerjasama antara pemerintah desa Tanjung Lontar dengan PT Musi Hutan Persada (PT MHP) Desa Tanjung Lontar yaitu sudah memiliki MHBM yaitu  ( Mengelola Hutan Bersama Masyarakat ) dan alhamdulillah hasilnya sudah bisa kita bagikan kepada seluruh masyarakat yang merupakan warga desa Tanjung Lontar."

"Bukan itu saja hasil dari MHBM bersama PT MHP ini juga sudah kita belikan tanah untuk lokasi pemakaman umum desa Tanjung Lontar "

Kami juga mohon kepada tim penilai agar dapat melaksanakan penilaian sesuai dengan kriteria maupun instrumen penilaian yang ditetapkan. Dan semakin menyempurnakan kinerja pemerintah desa dalam membangun desa (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: