Lahat Megah di Balik Jeritan Hati Rakyat Pedesaan

Lahat Megah di Balik Jeritan Hati Rakyat Pedesaan

Lahat Megah di Balik Jeritan Hati Rakyat Pedesaan.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahat Megah di Balik Jeritan Hati Rakyat Pedesaan

Oleh: Ishak Nasroni, SH (Pemimpin Redaksi Lahathotline.com)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Decak kagum dipastikan akan mucul, ketika bagi siapa saja yang melihat kesuksesan Pemerintah Kabupaten Lahat dalam membangun Bumi Seganti-setungguan sejak lima tahun belakangan. Betapa tidak, pembangunan gedung, jalan dan sejumlah infrastruktur lainnya sangat jelas terlihat dilakukan oleh penguasa era 2018-2023 lalu.

Untuk itu, saya selaku penulis mengajak pembaca sekalian untuk membahasa satu-persatu keberhasilan Pemerintah Kabupaten Lahat tersebut. Mulai dari pembangunan gedung milik Pemerintah hingga pembangunan prestasi atlet serta sejumlah sarana tempat atau vennue olahraga untuk menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel 2023.

Demi mendapatkan predikat sebagai kabupaten yang mampu dan berhasil menggelar ajang kompetisi olahraga bergengsi tingkat provinsi tersebut, Pemerintah Kabupaten Lahat harus menyisihkan sebagian besar anggaran daerah yang nyaris terfokus untuk pembiayaan pelatihan para atlet, perbaikan vennue lama maupun pembangunan vennue yang baru, yang tentunya menelan APBD Lahat hingga puluhan miliyar rupiah.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Lahat juga mesti menyiapkan anggaran untuk honor panitia lokal yang ditangani oleh Koni Kabupaten dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lahat maupun panitia dari Koni Provinsi yang juga harus meneluarkan kocek APBD Lahat Tahun Anggaran 2023. 

Meski memang masih menyisakan sedikit persoalan di tubuh Koni dan Dispora Lahat terkait penggunaan sejumlah item anggarannya, namun se-antero nusantara telah mengetahui bahwa kontingen Kabupaten Lahat meraih juara umum dengan mendulang medali emas terbanyak dalam event ini.

Dengan demikian, maka secara financial terkesan Pemerintah Kabupaten Lahat mampu membiayai pagelaran Porprov tersebut. Kemudian dari sisi prestasi, kontingen Kabupaten Lahat telah mendapatkan predikat sebagai "Pemenang" alias juara umum dalam kompetisi itu.

Kemegahan pembangunan di Kabupaten Lahat juga belum lengkap jika tidak diwarnai dengan pembangunan sebuah monumen atau tugu Si-Pahit Lidah yang ada dipusat kota Lahat, tepatnya di simpang-empat BRI yang dinilai bisa menjadi icont sejarah perjuangan masa lampau (Konon katanya) masyarakat Lahat. 

Walaupun sejak awal pembangunannya sudah menuai berbagai polemik (Pra-kontra) dari sejumlah masyarakat melalui unggahan pemilik akun Media Sosial (Medsos), namun proses pembangunan tetap dilanjutkan.

Kenapa ada yang pro terhadap pembangunan tugu Si-Pahit Lidah ini..?. Karena dengan adanya tugu Si-Pahit Lidah ini, pun menjadikan Lahat indah dengan wajah barunya di pusat keramaian. Tugu ini juga bisa tahan lama karena menggunakan material (Bahan) yang bermutu tinggi dengan harga yang cukup fantastis.

Lalu, ada juga suara yang bernada kontra hingga kritikan terhadap pembangunan tugu Si-Pahit Lidah ini. Pendapat seperti ini, pun tentu mempunyai alasan tersediri. Sebab dengan adanya pembangunan tugu itu, maka Pemerintah Lahat juga mesti menghancurkan dan merusak jam gadang yang dirasakan sangat bermanfaat bagi setiap pengendara yang melintas di lokasi itu. Bahkan dianggap sebagai perubahan negatif dengan merusak aset yang juga dianggap masih potensial untuk sebatas diperbaiki dan tidak menelan anggaran daerah hingga miliyaran rupiah.

Selanjutnya, hampir semua jalan dalam Kota Lahat sudah tampak sudah dan bisa dikatakan mulus dengan adanya perbaikan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lahat di tahun 2022-2023 yang tentunya menelan anggaran daerah yang jumlahnya mencapai puluhan miliyar rupiah. Perbaikan jalan ini, pun mendapat nilai plus di masyarakat yang tinggal dalam kota. Termausk juga ada beberapa pembangunan jalan di luar kota, namun belum semuanya tersentuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: