Uji Coba Mal Pelayanan Publik, Pj Bupati Lahat Sampaikan Hal ini

Uji Coba Mal Pelayanan Publik, Pj Bupati Lahat Sampaikan Hal ini

Uji Coba Mal Pelayanan Publik Kabupaten lahat-FOTO NOVRI YANTO-LAHATPOS.CO

Lahatpos.co –  Bentuk nyata Pemerintah Kabupaten Lahat dalam rangka meberikan kemudahan pelayanan administratif bagi Masyarakat, Hari ini Kamis 28 Maret 2024 dilaksanakan Uji Coba Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dipusatkan Plaza Tepian Lematang.

Sebagai informasi, Mal Pelayanan Publik (MPP) adalah pengintegrasian Pelayanan Publik yang diberikan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, serta swasta secara terpadu pada satu tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif .

Data yang dihimpun dilapangan menyebutkan sebanyak enam Operasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lahat dilakukan uji coba dalam Pelayanan Bergerak (mobile).

Dalam sambutanya Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi menjelaskan, pelayanan bergerak (mobile) merupakan cikal bakal dalam membangun pelayanan publik yang langsung menyentuh akarnya. Pelayanan jadi hal wajib dilakukan dalam pemerintahan, khususnya bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Disamping itu, pelayanan bergerak (mobile) juga jadi standar pelayanan publik kekinian, yang baik ke depannya.

"Insya Allah dengan lokasi di tengah kota, jangkauan masyarakat jadi tidak terlalu jauh dan tidak mengeluarkan biaya tinggi. Juga lebih efektif dan efisien karena satu tempat, satu pintu satu atap, semua layanan bisa dilakukan," jelas Farid saat membuka launching Pelayanan Bergerak (mobile), di Plaza Tepian Lematang,”

Selain itu dirinya juga optimis bila nantinya MPP berjalan dengan baik, maka perusahaan-perusahaan BUMN akan berlomba-lomba dalam membuka pelayanan di MPP. Sebab adanya MPP bertujuan untuk memberikan info kepada masyarakat tentang eksistensi mall pelayanan. Ini juga jadi komitmen Pemkab Lahat dalam memberikan layanan yang baik, yang akan dilakukan evaluasi secara faktual terkait operasi pelayanan.

Sementara, uji coba dalam rangka pelayanan bergerak (mobile) dilakukan sebanyak enam unit layanan dari OPD berbeda, diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan terakhir Bank SumselBabel Lahat.

"Rencana awal bulan September akan launching secara penuh dan dihadirkan Menpan RB. Jangan liat MPP saat ini tapi liat dampak ke depannya nanti,"  tutupnya.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co