Sekda Lahat Hadiri Apel Gelar Pasukan Pergeseran Personil Pam Tps Ops Mantap Brata Musi Tahun 2024

Sekda Lahat Hadiri Apel Gelar Pasukan Pergeseran Personil Pam Tps Ops Mantap Brata Musi Tahun 2024

Sekda Lahat Hadiri Apel Gelar Pasukan Pergeseran Personil Pam Tps Ops Mantap Brata Musi Tahun 2024-foto IST-lahatposco

Lahatpos.Co – Sekretaris Daerah Lahat Chandra SH MM Hadir Dalam Apel Gelar Pasukan Pergeseran Personil Pam Tps Ops Mantap Brata Musi Tahun 2024, Pada Minggu 11 Februari 2024.

Apel Yang Diselenggarakan Di Halaman Mapolres Lahat Ini Di Pimpin Langsung Oleh Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S.Sinaga SH.Sik.MH, Dan Nampak Di Hadiri Juga Oleh Dandim 0405 Lahat Letkol Inf. Asis Kamaruddin, S.E, Kajari Lahat Toto Roedianto, S.Sos., SH, Waka Polres Lahat Ishandi Saputra, Hh., S.I.K., M.I.K, Ketua Kpu Sarjani, Ketua Bawaslu Nana Priana, S.Hi.,MM, Kasat Pol. Pp Herry Kurniawan,Dan Jajaran Polres Lahat.

“Apel gelar pasukan ini bukan hanya seremonial belaka,namun juga menjadi pernyataan kuat untuk menjaga keamanan dan mendukung pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Lahat “ Ujar Sekda Lahat Chandra SH MM.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas semua pihak yang terlibat, seperti yang kita ketahui Tujuan utama apel ini adalah untuk mengantisipasi gangguan Keamanan dan Konflik Sosial, menciptakan sinergi bersama instansi terkait, agar Pemilu 2024 di Kabupaten Lahat aman, damai dan sukses seperti yang kita harapkan, tukasnya.

Sementara itu Kapolres Lahat God Parlasro S Sinaga SH SIK MH mengatakan, bahwa pelaksanaan Apel Kesiapan Pengamanan ini yang akan bertugas untuk mengamankan Pemilu tahun 2024 tahap masa pemungutan suara di TPS dan penghitungan suara. Pengamanan pada tahap ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 14 Februari 2024 sampai dengan 15 Februari 2024 dengan jumlah personel Polres Lahat sebanyak 253 personel dan ditambah dukungan personel BKO dari Polda Sumsel sebanyak 30 personel, yang akan disebar ke seluruh TPS di wilayah hukum Polres Lahat;

Kata Parlasro, dalam pengamanan masa kampanye sejak tanggal 28 November 2023 s/d 10 Februari 2024, telah melaksanakan dengan baik, dengan hasil terwujudnya situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif selama kampanye.

Kondisi ini dapat terwujud berkat kerja keras dan kesungguhan seluruh Personel Polres Lahat dalam melaksanakan tugas pengamanan yang didukung oleh seluruh komponen masyarakat Kabupaten Lahat.

"Saya selaku Kapolres Lahat mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel atas pelaksanaan tugas pengamanan pada tahap kampanyedengan harapan dapat ditingkatkan pada pengamanan tahap berikutnya," tuturnya saat memimpin apel.

Dijelaskannya, bahwa tahapan Pemilu selanjutnya adalah tahap pemungutan dan hitung suara. Tahap ini sangat menentukan dan sangat berpotensi terjadi gangguan Kamtibmas. Oleh sebab itu, keseriusan dan kesungguhan dalam melaksanakan tugas pengamanan ini sangat diperlukan demi terlaksananya pesta demokrasi yang aman dan demokratis.

"Pada pengamanan tahap ini, saudara-saudara akan diterjunkan langsung pada saat pemungutan suara dan perhitungan suara. Pahami betul bahwa tugas yang akan saudara laksanakan cukup berat, sehingga memerlukan keseriusan dan kesiapan saudara dalam melaksanakan tugas pengamanan," ujarnya.

Dikatakannya, bahwa sukses dan amannya pelaksanaan pemilu ini menjadi perhatian karena akan menjadi titik awal terwujudnya pemerintahan yang demokratis, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Selain itu, situasi yang aman pada saat pemilu juga akan mempengaruhi situasi kamtibmas secara umum.

"Peserta apel yang saya cintai dan banggakan, pada Apel Kesiapan Pengamanan hari ini. Saya perintahkan kepada personel yang terlibat pengamanan agar memedomani saat bertugas," ujarnya.

Sambungnya, yakni laksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh keikhlasan yang diniatkan sebagai ibadah kepada allah subhanahu wa ta'Ala dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Laksanakan pengamanan secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab dengan tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan. Tetap konsisten untuk menjaga netralitas dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengamanan.

"Dalam melaksanakan pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di TPS agar personel pengamanan tidak melakukan pencatatan hasil penghitungan suara," ujarnya.

Kemudian, dalam menghadapi situasi kontijensi, agar personel Pengamanan TPS segera melaporkan langsung kepada kapolsek selaku Pengendali wilayah yang akan diteruskan kepada Kabag Ops selaku perencana dan pengendali Operasi untuk dilaporkan kepada Kapolres selaku Kepala Operasi, kemudian Kapolres berkoordinasi dengan Ketua KPU dan Ketua Bawaslu untuk melakukan Mitigasi.

"Apabila dalam menghadapi situasi terburuk masa tidak terkendali dan merusak/membakar surat suara, tindakan yang dilakukan agar mendokumentasikan kejadian sebagai petunjuk guna melakukan penegakan hukum, serta segera mengamankan para penyelenggara pemilu (seluruh anggota KPPS dan para saksi)," tuturnya didampingi Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat Aiptu Lispono SH.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co