Menghadapi Pemilu 2024: Peran Generasi Emas dan Pemuda dalam Pesta Demokrasi Indonesia

Menghadapi Pemilu 2024: Peran Generasi Emas dan Pemuda dalam Pesta Demokrasi Indonesia

Bravitasari Naftalia, S.Sos., M.I.P., - Tenaga Ahli DPR RI menuliskan artikel judul Menghadapi Pemilu 2024: Peran Generasi Emas dan Pemuda dalam Pesta Demokrasi Indonesia.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Pada tahun 2024, Indonesia akan kembali merayakan pesta demokrasi dengan menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu).

Sebagai momen penting dalam perjalanan bangsa, partisipasi semua komponen masyarakat dianggap vital untuk menentukan pemimpin yang akan membimbing negara ke depannya. 

Di tengah ekspektasi tersebut, peran generasi emas, terutama generasi muda, menjadi sorotan utama dalam memastikan kelangsungan dan kualitas demokrasi.

Bravitasari Naftalia, S.Sos., M.I.P., Tenaga Ahli DPR RI, memberikan pemahaman yang mendalam tentang hakikat Pemilu di Indonesia.

Pemilu dilaksanakan secara umum berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali. 

Lebih dari sekadar formalitas, hal ini merupakan implementasi konsep demokrasi, di mana pemerintahan berasal dari, oleh, dan untuk rakyat.

Pemilu bukan hanya momen untuk memilih pemimpin, tetapi juga sebagai kontrol rakyat terhadap pemerintah. 

Generasi emas, yang dianggap sebagai tulang punggung masa depan, diharapkan tidak hanya sebagai pemilih tetapi juga sebagai agen perubahan yang ikut mengawal dan memastikan visi pemimpin terpilih sesuai dengan rencana pembangunan sebelumnya.

Menurut Bravitasari, peran pemilih pemula, yang memiliki usia minimal 17 tahun, menjadi sangat signifikan dalam Pemilu 2024. 

"untuk memastikan partisipasi yang efektif, mereka perlu mendapatkan pemahaman yang memadai terkait calon yang akan mereka pilih,"ujar Bravitasari.

Dikatakan Bravitasari, Pendekatan melalui media sosial dianggap sebagai strategi efektif mengingat akrabnya generasi muda dengan platform tersebut.

"Selain pendekatan melalui media sosial, sosialisasi menjadi kunci penting,"katanya.

Generasi muda, masih lanjut Bravitasari, terutama pemilih pemula, perlu diarahkan untuk menjadi pemilih cerdas yang memahami karakter pemimpin, visi misi, dan sebagainya dari calon yang akan mereka pilih.

Pendidikan politik atau pendidikan pemilih pemula di tingkat sekolah menjadi langkah esensial agar anak-anak muda tidak acuh terhadap dinamika politik bangsa dan dapat melaksanakan haknya secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: