Mantap, Dengan Hidroponik ibu-ibu PKK Desa Negeri Agung Akan Swasembada Sayuran Hijau nan Sehat

Mantap, Dengan Hidroponik  ibu-ibu PKK Desa Negeri Agung Akan Swasembada Sayuran Hijau nan Sehat

Pelatihan Hidroponik ibu-ibu PKK Desa Negeri Agung Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat --

LAHATPOS.CO, Merapi barat  -  Dengan budidaya sistem Hidroponik ibu-ibu PKK desa Negeri Agung akan swansembada sayuran hijau nan sehat.

Swasembada sayuran sehat ini diprediksi akan mulai berjalan beberapa bulan kedepan setelah seluruh anggota PKK Desa Negeri Agung ikuti pelatihan Hidroponik yang di selengarakan pemerintah Desa Negeri Agung Kecamatan Merapi Barat, Minggu 10 Desember 2023.

Hidroponik sendiri adalah salah satu teknologi budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah dengan pemberian hara tanaman yang terkendali.

Pelatihan Hidroponik diikuti oleh seluruh ibu-ibu PKK juga perangkat desa Negeri Agung. Kegiatan pelatihan dimulai dengan paparan oleh Andi Kamsa sebagai nara sumber dari Praktisi Hidroponik Sumatera Selatan.

Dalam kesempatan ini Andi menjelaskan tata cara budidaya tanaman Hidroponik skala rumahan untuk pemula.

Dalam paparanya saat menjelaskan teori Hidroponik ini ada beberapa hal yang harus dilaksanakan sebagai pemula.

Yang pertama adalah kelebihan dengan menggunakan sistem Hidroponik adalah akan lebih efisiensi dan efektif, kemudian pengunaan pupuk yang terukur (lebih hemat), lebih Higienis, produktivitas lebih tinggi serta tidak memerlukan banyak tenaga dan waktu" tuturnya.

Andi juga menjelaskan ada beberapa yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman Hidroponik seperti sinar matahari yang cukup, kemudian air sebagai media tanam, Nutrisi, Oksigen/sirkulasi udara suhu yang ideal dan media sebagai pemegang perakaran.

Sementara Kepala Desa Negeri Agung Ruslan SE kepada lahatpos.co Rabu 13 Desember 2023 menjelaskan Adapun jenis tanaman yang di tanam dengan sistem Hidroponik di Desa Negeri Agung saat iji  diantaranya Bayam, Kangkung, Pakcoi, Sawi Sin dan Selada"

Menurut Ruslan Sebenarnya ini merupakan program ketahanan pangan pemerintah desa Negeri Agung yaitu  program ketahanan pangan Dana Desa tahap 3  Desa Negeri Agung untuk tahun 2023.
Sistem Hidroponik ini selain mudah dalam mengaplikasikannya juga tidak butuh perawatan ekstra.

Dan untuk meminimalisir serangan hama kita gunakan ruang terbuka tertutup tirai transparan namun sinar matahari tetap  masuk sehingga tanaman lebih mudah untuk tumbuh.

Harapannya dengan program budidaya tanaman sistem Hidroponik ini desa Negeri Agung akan menjadi swansembada sayuran hijau dan sehat.

"Ya minimal bisa dikonsumsi oleh ibu-ibu PKK dan kita berharap hasilnya bisa lebih banyak sehingga diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi terutama untuk ibu-ibu PKK "harapnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: