Lansia Hebat, Olahraga Ringan Yang Efektif Bikin Lansia Bugar dan Sehat

Lansia Hebat, Olahraga Ringan Yang Efektif Bikin Lansia Bugar dan Sehat

foto Hanya ilustrasi-Sumber Foto : Google-LAHATPOS.CO

Lahatpos.co – olahraga merupakan salah satu upaya manusia dalam membuat tubuh lebih sehat dan kuat.

Apalagi bagi usia lanjut (lansia), bagi lansia melakukan olahraga fisik wajib dilakukan, selain menjaga kesehatn olahraga juga akan membuat lansia lebih bugar.

Nah kita akan membahas Olahraga Ringan Yang Efektif Bikin Lansia Bugar dan Sehat.

Melansir dari berbagai sumber berikut informasi lengkapnya.

1. Jalan Cepat

Jalan Cepat adalah jenis latihan aerobik yang lebih rendah dibandingkan joging, tetapi tetap merupakan olahraga yang sangat bermanfaat untuk lansia. Jalan Cepat mampu meningkatkan detak jantung dan kemampuan otot.

Dibandingkan dengan joging, Jalan Cepat juga tidak terlalu berdampak pada persendian. Jadi, jika lutut atau pergelangan kaki sudah cukup lemah, Jalan Cepat akan menjadi pilihan olahraga yang jauh lebih baik daripada joging.

2. Bersepeda 

Bersepeda juga termasuk latihan aerobik yang baik untuk kesehatan jantung lansia. Lansia bisa Bersepeda statis yang tersedia di pusat kebugaran atau Bersepeda sambil mencari udara segar di luar ruangan. Selain tidak berdampak pada persendian, kemungkinan cederanya juga kecil.

3. Berenang

Latihan aerobik lainnya yang baik untuk lansia adalah berenang. Berenang tidak akan membuat persendian terlalu bekerja keras karena beban tubuh ditopang oleh air. Berenang juga menjadi pilihan olahraga yang bagus bagi mereka yang mengidap radang sendi dan osteoporosis. 

4. Yoga Kursi

Seperti berenang, yoga kursi adalah bentuk latihan dengan intensitas yang rendah. Olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot, mobilitas, keseimbangan, dan fleksibilitas, yang semuanya merupakan aspek kesehatan penting bagi lansia.

Yoga kursi adalah bentuk yoga yang lebih memudahkan karena memberikan lebih sedikit tekanan pada otot, sendi, dan tulang daripada yoga konvensional. Olahraga ini juga telah terbukti meningkatkan kesehatan mental pada lansia. Lansia yang melakukan yoga kursi biasa memiliki kualitas tidur yang lebih baik, tingkat depresi yang lebih rendah, dan melaporkan rasa sejahtera secara umum.

5. Peregangan

Peregangan sebaiknya dilakukan setiap hari karena ini adalah latihan penting untuk menjaga kondisi otot lansia yang semakin mengendur. Peregangan bisa dilakukan menggunakan alat seperti rubber untuk melatih semua otot di tubuh. Mulai dari leher, punggung, dada, perut, samping, lengan, paha, dan betis. 

Peregangan di bagian persendian di tubuh secara teratur akan membuat sendi tidak kaku, seperti bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co