Sering Merasa Paling Pintar? Segera Cek Kejiwaan Kamu, Mungkin Kamu Sedang dilanda Fenomena ini

Sering Merasa Paling Pintar? Segera Cek Kejiwaan Kamu, Mungkin Kamu Sedang dilanda Fenomena ini

Foto Hanya Ilustrasi-Sumber foto Google-Lahatposco

Lahatpos.co - Pernah gak sih bertemu atau bahkan merasakan sendiri bahwa semua orang salah dan diri kitalah yang paling pintar dan paling benar?

Jika diibaratkan, Surga dan Kunci dunia ini hanya di tangan dia seorang.

Bahkan malaikat dan Tuhan pun dia merasa lampaui, karna dirasa menurutnya paling pintar sejagad raya.

Padahal tauh gak sih, fenomena psikologis seperti ini termasuk salah penyakit yang harus diwaspadai

Dilansir dari berbagai sumber Fenomena ini disebut  Kruger effect,
Kruger Effect akan merasa dirinya lebih hebat, superior, dan pintar dibanding orang lain.

Padahal orang-orang ini tidak sadar bahwa tingkat pengetahuan dan kelakuanya yang jauh lebih rendah di bawah orang lain.

Fenomena ini ditemukan di 1999 oleh dua orang psikolog bernama David Dunning dan Justin Kruger mengadakan serangkaian penelitian mengenai kemampuan logika, tata bahasa, dan selera humor.

Penelitian ini berkaitan dengan selera humor pesertanya, nah pesertanya berusaha menunjukkan kemampuan yang rendah dalam menentukan seberapa lucu suatu objek.

Uniknya kelompok peserta ini merasa jadi yang paling baik selera humornya dibanding orang lain.

Hal inilah yang membuat mereka jadi menganggap pendapat orang lain lebih bodoh dan enggak beralasan, enggak jarang pendapatnya bahkan disalahkan.

Berdasarkan hasil penelitian itu, orang yang mengalami Dunning-Kruger Effect menghadapi dua masalah, yaitu salah kesimpulan atas informasi yang kurang valid.

Selain itu, pengetahuan yang terbatas membuat orang-orang tidak menyadari kesalahannya.

Ketika tidak menyadari bagian yang salah, orang-orang ini jadi tidak berusaha untuk mengecek kebenaran dari opini atau informasi yang diterimanya.

Nah Dampak Negatif dari Dunning-Kruger Effect sendiri adalah,

Dilansir dari laman hellosehat.com, fenomena psikologis ini dianggap cukup mengkhawatirkan karena bisa membuat seseorang jadi sering meyakini informasi yang salah.

Nah, orang-orang ini juga akan dengan percaya diri membagikannya ke lebih banyak orang.

Orang-orang yang mengalami Dunning-Kruger Effect juga akan lebih sulit menerima kritik karena merasa opini atau pendapatnya selalu benar,

So buat kita semua yang ada di dunia ini, Lahatpos.co hanya mengingatkan, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, kesempurnaan hanya milik Tuhan semata, jangan pernah mencaci, menuduh bahkan menghakimi perbuatan seseorang yang kamu belum tahu kebenarannya.
Jadi untuk sobat lapos, mulailah berbenah diri dan lanjutkan hidupmu menjadi manusia bukan malaikat yang merasa tauh akan segalanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co