Magic Com Anda Mati Jangan di Buang Begini Cara Perbaikinya, Gampang

Magic Com Anda Mati Jangan di Buang Begini Cara Perbaikinya, Gampang

Perbaikan Magic Com sendiri di rumah --

LAHATPOS.CO, Lahat - Magic com anda rusak, mati dan tidak mau panas sehingga tidak bisa digunakan untuk memasak nasi, jangan buru - buru di buang ya,anda bisa memperbaiki sendiri magic com tersebut dirumah.

Langkah pertama saat Magic com tersebut di colokkan di tegangan listrik PLN yang harus anda lakukan adalah perhatikan apakah lampu indikator magic com anda mati atau atau tetap nyala.

Jika lampu indikator  Magic com anda mati maka yang pertama anda periksa adakah cek kabel power atau kabel listrik colokan magic com anda apakah putus atau masih normal.

Dan yang tak boleh tertinggal anda harus mempunyai alat ukur seperti Multitester/Avo Meter untuk mengecek kondisi kabel tersebut apakah masih baik ataukah sudah rusak/putus.

Cara memeriksa nya anda bisa mengunakan alat Mutitester analog ataupun Multitester digital sesuai dengan selera anda.

Dan jika anda memiliki Multitester analog anda bisa posisikan saklar Multitester yang ada di posisi kan di salah satu posisi yang ada, bisa diposisi X10K, X1K, X10 atau X1 atau bisa juga salah di posisi Buzzer untuk mengecek dengan menggunakan suara.

Caranya anda hubungan kabel probe  di salah satu Multitester di posisi fuse dan probe lainya di posisi fuse lainya.

Apabila kabel probe di Multitester dihubungkan di fuse dan jarum di Multitester bergerak berarti jarum masih dalam keadaan baik.

Tapi jika jarum tidak bergerak maka fuse bisa dipastikan dalam keadaan rusak.

Jika kabel masih dalam keadaan baik maka langkah selanjutnya adalah anda periksa fuse atau sekering yang ada di dalam magic com yang terletak di bagian dalam bawah magic com anda dengan cara membuka sekrup samping dan sekrup bagian bawah tutup

Langkah selanjutnya apabila fuse tersebut  putus/rusak maka anda bisa langsung menggantinya dengan fuse yang baru yang bisa anda beli di toko-toko elektronik terdekat di tempat anda.

Setelah fuse anda pasang maka langkah berikut nya adalah anda cek steker/colokan kabel listrik  dan langsung anda colokan ke tegangan listrik PLN yang ada  di rumah anda.

Dan perhatian lampu indikator magic com anda apakah masih tetap mati ataukah  lampu indikator sudah menyala.

Jika lampu indikatornya masih tetap mati maka anda periksa lampu indikator tersebut apakah memang lampu indikator nya mati  ataukah ada penyebab lain.

Karena pada umumnya kerusakan magic com mati total sebagian besar di sebabkan karena kondisi fuse nya yang rusak.

Namun jika kondisi masih magic com anda tetap tidak mau berfungsi dan tetap mati total maka kemungkinan di sebabkan oleh kerusakan yang lainya.

Dan pembahasan  penyebab kerusakan magic com lainnya akan kita bahas dilain waktu (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: