Sosok Misterius Mak Sumay, Urband Legend Yang Sempat Berkembang di Kabupaten Lahat

Sosok Misterius Mak Sumay, Urband Legend Yang Sempat Berkembang di Kabupaten Lahat

Foto Hanya Ilustrasi-Sosok Mak Sumay-Sumber foto google

Lahatpos.co - Masih Tergambar Jelas dalam ingatan orang orang, terutama kelahiran Tahun 80 hingga 90-an, Sebuah kisah yang sering disampaikan orang tua sebagai pembatas kepada anak anak di kabupaten Lahat agar tidak keluar rumah saat maghrib.

Sebuah cerita legendaris yang telah dikenal dan dituturkan turun-temurun oleh masyarakat Sumatera Selatan,

Sosok mengerikan Mak Sumay digambarkan sebagai mahluk halus yang senantiasa menculik anak- anak.

dikisahkan, Mak Sumay merupakan sosok misterius yang mendiami hutan belantara di Sumatera Selatan.
Cerita tentang Mak Sumay telah menjadi perbincangan seru di antara penduduk desa-desa terdekat dan menjadi sebuah urban legend yang mengundang rasa ingin tahu banyak orang.

Dan kali ini kita akan membahas fakta misteri tentang sosok Mak Sumay,
Simak artikel ini sampai habis.

Melansir dari berbagai sumber, Sosok Mak Sumay merupakan nenek - nenek jelmaan hantu yang dipercaya akan  menerkam anak anak yang keluar rumah tanpa pengawasan.

Dalam melancarkan aksinya, Mak Sumay akan menyamar sebagai anggota keluarga, Anak yang mengira bahwa Mak Sumay adalah keluarga mereka, akan dengan senang hati mengikuti ajakannya untuk pulang ke 'rumah'.

Namun, sebenarnya mereka tidak diajak pulang ke rumah mereka sendiri, melainkan ke tempat tinggal Mak Sumay yang tersembunyi di dalam hutan atau bahkan di atas pohon.

Ditempat tinggalnya, Mak Sumay akan menawarkan hidangan yang lezat agar anak anak tergoda untuk menikmatinya,
Padahal makanan itu bukanlah hidangan yang seharusnya, dengan kata lain, Hidangan tersebut adalah Cacing, Belatung Hingga Bangkai yang di sihir Mak Sumay.

Konon katanya, Jika anak anak menyantap hidang itu tidak akan bisa kembali lagi ke dunia nyata, Bahkan Sumber Lain mengatakan,walaupun bisa kembali mentalnya akan terganggu dan tidak seperti manusia normal, alias linglung.

Tidak hanya anak kecil, disebutkan juga Mak Sumay kerap mengganggu orang orang dewasa yang melintasi Hutan dengan menyamar sebagai nenek nenek yang butuh pertolongan.

Mitos yang berkembang pun mengatakan, jika ingin terhindar dari gangguan Mak Sumay di tengah hutan, di sarankan membawa obor, karna dengan kilau api Mak Sumay tidak akan berani mendekat.

 

Artikel ini telah tayang di Lahatpos.disway.id dengan Judul sosok Misterius Mak Sumay, Urband Legend yang sempat berkembang di Kabupaten Lahat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co