Gerak Cepat Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Atasi Karhutla

Gerak Cepat Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Atasi Karhutla

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni bergerak cepat untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).-Foto : dok/lahatpos.co-

Palembang, Lahatpos.co - Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni bergerak cepat untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Oleh karena itu, besok Fatoni akan melakukan pertemuan bersama TNI-Polri dan stakeholder terkait.

"Kita akan berkumpul besok agar lebih lengkap. Kita juga akan bertemu dengan TNI-Polri dan dengan Kodam dan Korem kemudian dengan Polda karena masing-masing kita ini kan sudah ada Satgasnya" ucap Fatoni di Hotel Arista Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (4/10/2023).

Nantinya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan membimbing langsung terkait penanganan karhutla.

Sementara itu, terkait kebutuhan peralatan pemadaman karhutla menurut Fatoni, hingga saat ini diakuinya masih sangat banyak dan akan bertambah. Oleh karena itu, dia menilai perlu dilakukan pembagian tugas siapa saja dan apa saja peralatan yang dibutuhkan sehingga penggunaannya akan lebih maksimal. 

Fatoni mengungkapkan kondisi di Sumsel saat ini kian membaik. Meski begitu, dia mengingatkan untuk menjaga lingkungan bersama-sama.

"Perlu dicatat hari ini sudah mulai relatif membaik ya. Tapi walaupun kondisi sudah membaik tetap kita ingatkan untuk menjaganya bersama-sama," ujar Fatoni. 

Dijelaskan Fatoni bahwa jika disimpulkan penyebab kebakaran ini ada tiga, yakni faktor cuaca karena El Nino sehinggacuaca panas menyebabkan rawan kebakaran.

Kedua yakni kondisi alam Sumsel yang terdiri dari gambut dimana saat cuaca panas menjadi mudah terbakar. Kemudian yang ketiga adalah perilaku

"Nah ini perilaku yang ketiga ini yang kita harus edukasi ke masyarakat jangan membakar karena dampaknya sangat luas," kata Fatoni. 

Fatoni mengajak seluruh stakeholder terkait mulai dari Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, Forkopimda dan sektor swasta untuk menangani secara bersama-sama.

"Apalagi ini cuacanya sedang seperti ini, el nino. Dan ini (penanggulangan) bisa kita lakukan kalau kita bersama-sama. Kalau kita kompak baik dari pemprov/kabupaten/kota, forkopimda dan kemudian swasta dan masyarakat kita. Karena ini tanggungjawab kita bersama," ucap Fatoni.

Fatoni menegaskan penanganan karhutla merupakan tanggungjawab bersama, baik dari Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, Kementerian juga TNI-Polri dan pihak swasta.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengatakan banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan bersama-sama. Dia telah memprioritaskan sejumlah program yang akan diselesaikannya selama menjabat.

Program-program tersebut di antaranya terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla), pengendalian inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: