Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Temui Pangdam II/Sriwijaya

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Temui Pangdam II/Sriwijaya

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni menemui Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil.-Foto : dok/lahatpos.co-

PALEMBANG, Lahatpos.co - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni bergerak cepat untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya. Salah satu langkah yang diambil adalah meningkatkan kolaborasi dengan Kodam II/Sriwijaya.

"Saya baru kemarin bertugas disini (Sumsel). Karena itu, saya melakukan kunjungan ke Forkopimda yang ada di Sumsel ini," kata Fatoni Di Makodam II Sriwijaya Sumatera Selatan, Rabu (4/10/2023).

Kunjungan kerja Fatoni itu pun disambut langsung Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil bersama jajaran seperti Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Effendi dan jajaran lainnya.

Menurutnya, banyak hal yang dibahas dalam kunjungannya ke Kodam II/Sriwijaya ini. Termasuk juga persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang saat masih terjadi di Sumsel.

"Kita diskusi berbagai hal dan persoalan yang terjadi, termasuk karhutla. Dengan komunikasi dan sinergi ini, semua hal dan persoalan yang kini terjadi akan terkoordinasi dengan baik," kata Fatoni.

"Tujuan ini juga agar komunikasi sehingga semua langkah yang kita lakukan ini berjalan sesuai tugas dan fungsi," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil mengatakan penguatan koordinasi ini memang sangat penting dilakukan.

"Termasuk dalam mengatasi persoalan karhutla ini. Dukungan dari pemerintah memang sangat kita butuhkan. Kami juga berterima kasih atas kunjungan pak Gubernur," ucap Yanuar.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengatakan banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan bersama-sama. Dia telah memprioritaskan sejumlah program yang akan diselesaikannya selama menjabat.

Program-program tersebut di antaranya terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla), pengendalian inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang.

"Banyak PR yang harus kita kerjakan bersama-sama, terutama tentang karhutla, inflasi, penanganan kemiskinan ekstrem dan juga stunting dan juga banyak program-program prioritas yang harus kita kerjakan," ucap Fatoni

Terlebih saat ini Indonesia tengah dilanda kemarau yang disebabkan oleh El Nino. Salah satu dampaknya adalah terjadi karhutla di sejumlah wilayah Sumsel. Fatoni mengajak seluruh stakeholder terkait mulai dari Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, Forkopimda dan sektor swasta untuk menangani secara bersama-sama.

"Apalagi ini cuacanya sedang seperti ini, el nino. Dan ini (penanggulangan) bisa kita lakukan kalau kita bersama-sama. Kalau kita kompak baik dari pemprov/kabupaten/kota, forkopimda dan kemudian swasta dan masyarakat kita. Karena ini tanggungjawab kita bersama," ucap Fatoni.

Terkait kebutuhan peralatan pemadaman Karhutla menurut Fatoni, hingga saat ini diakuinya masih sangat banyak dan akan bertambah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: