Delapan Zona Selamat Sekolah di Lahat, Ini Lokasinya

Delapan Zona Selamat Sekolah di Lahat, Ini Lokasinya

Delapan zona selamat sekolah di Lahat.--

Lahat, Lahatpos.co - Delapan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) tersebar di Kabupaten Lahat. Anak-anak usia Sekolah jadi fokus pemerintah untuk mendapatkan perhatian khusus. Pendidikan mengenai keselamatan berlalu lintas harus ditanamkan sejak dini di kalangan anak-anak Sekolah

 

Terutama pada kawasan sekolah dipinggir jalan raya. Setiap jam masuk dan bubar selalu ramai siswa maupun keluarga atau kerabat yang hendak antar-jemput. Namun ramainya kerumunan tersebut, berpotensi menyebabkan terjadi kecelakaan lalu lintas. 

Salah satu upaya antisipasi dioptimalkan Pemerintah Daerah Lahat salah satunya ada Zona Selamat Sekolah (ZoS).

Jika berkendara melihat ada tulisan ZoSS di jalan raya artinya itu merupakan suatu rambu-rambu bagi pengendara yang menyangkut kecepatan, parkir, menyalip, pejalan kaki yang menyeberang jalan. 

Pengendalian perlu dilakukan mengingat banyak anak-anak sekolah yang berjalan kaki menuju sekolah.

Kepala Dinas Perhubungan Lahat, Drs H Deswan Irsyad MPDi melalui Sekretaris, Mukhlis Zm mengatakan bahwa ZoSS tersebut merupakan suatu dukungan terhadap Kabupaten Layak Anak (KLA). Ada beberapa titik pembangunan ZoS ini yang sudah dilakukan yakni tiga di Merapi Area, 1 di Kikim Area dan 4 di Kecamatan Lahat. 

Kalau di Kota Lahat seperti SMAN 2, SMAN 1, SMPN 5, dan SD di Kelurahan Pagar Agung Kota Lahat," kata Mukhlis kepada Lahat Pos.

Kata Mukhlis, bahwa Zona Selamat Sekolah (ZoSS) ini merupakan bagian dari kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas berupa pengendalian lalu lintas dan penggunaan suatu ruas jalan di lingkungan sekolah. Dan bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan guna menjamin keselamatan anak di sekolah.

Sambungnya, Zona Selamat Sekolah (ZoSS) merupakan program inovatif dalam bentuk zona kecepatan berbasis waktu yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kendaraan di area sekolah.

Jika ada lambang tersebut artinya pengendara harus pelan-pelan mengendari karena sudah memasuki lingkungan sekolah. Untuk penambahan yang lain belum, sementara itu saja dulu. Dan ini merupakan suatu bentuk dukungan Dishub Lahat kepada Kabupaten Layak Anak (KLA)," ujarnya. 

Ditambahkannya, bahwa ZoSS sendiri dilengkapi dengan fasilitas perlengkapan jalan berupa, rambu lalin, marka jalan, alat pemberi isyarat lalin, dan alat lainnya pengaman pengguna jalan. Sebagai tanda khusus, marka jalan pun diberi warna merah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: delapan zona selamat sekolah