4 Fakta Keangkeran Gunung Dempo Terungkap, Salah Satunya Keajaiban Azan

4 Fakta Keangkeran Gunung Dempo Terungkap, Salah Satunya Keajaiban Azan

Gunung Api Dempo--Dok

Tanaman lainnya adalah pohon Kayu Api, dipuncak gunung Dempo anda tidak akan mampu memasak air dengan menggunakan kompor minyak atau kompor gas.

Karena air tidak akan masak dan mendidih disana kecuali anda menggunakan Kayu Api, yaitu kayu hijau sebangsa tanaman yang masih basah dan bila kayunya digesek-gesekkan akan mengeluarkan api.

BACA JUGA:Seram, Menyibak Misteri Terowongan Gunung Gajah Kabupaten Lahat Angker dan Mencekam

Dengan menggunakan kayu api inilah anda akan dapat memasak air dan nasi dipuncak gunung itu. 

2. Suku Pemberani di Gunung Dempo

Menurut Budayawan Besemah, Bastari Suan, Sukubangsa Besemah atau menurut istilah lokal Besemah Libagh atau Besemah Sekali Nuduh adalah satu kawasan  kebudayaan yang berpusat sekitar gunung Dempo (kota Pagaralam)  serta menyebar meliputi beberapa suku di Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung dan Jambi. Suku ini terkenal sebagai suku pemberani dan penjelajah.

Istilah Besemah sering juga disebut dengan Pasemah.  Sebenarnya, istilah ini tidak tepat,  Pasemah (Pasumah, Passumah), kata Bastari,  adalah istilah yang digunakan oleh orang kolonial seperti Inggeris dan Belanda.

Besemah, terdiri dari kata “be” dan “semah”. Be berati ada, sedangkan “semah” adalah nama ikan yang hidup di sungai di sekitar gunung Dempo dan Hulu Sungai Musi.

BACA JUGA:Alian Masih Misteri. Warga Terus Mencari

Jadi, Besemah adalah sungai yang ada ikan semahnya.

Istilah Besemah sendiri, lanjut Bastari, diberikan oleh seorang puyang (leluhur) yang bernama Atung Bungsu.

Suatu ketika masa lampau, puyang Atung Bungsu menemukan ikan semah di sungai Lematang, dan kemudian menamakan kawasan tersebut dengan Besemah.

3. Siluman Hariamu.

Siluman Manusia Harimau itu sebenarnya ada, namun tidak kasat mata, sebagai mana yang diterangkan didalam Al-Quran, firman Allah swt dalam surat Jin 72 : Dan bahwasanya, ada beberapa orang laki-laki dari golongan manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari golongan Jin, dengan itu mereka hanya tambah mempersombongkan golongan Jin saja.

BACA JUGA:5 Tempat Misterius dalam Al Quran Belum Ditemukan, 70 Orang Saleh Sembunyi di Gunung ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: