Desa Gunung Kembang Perdana Panen Lele,Lihat Ni Hasilnya

Desa Gunung Kembang Perdana Panen Lele,Lihat Ni Hasilnya

Perdana Panen Lele desa Gunung Kembang Kecamatan Merapi Timur kabupaten Lahat --

LAHATPOS.CO, Merapi timur  -  Perdana, desa Gunung Kembang Kecamatan Merapi Timur perdana panen lele kolam terpal yang merupakan program ketahanan pangan Dana Desa tahun 2023.

Kepala desa Gunung Kembang Edi Suparno saat dikonfirmasi media lahatpos.co Rabu 27 September 2023 mengungkapkan untuk panen perdana ini alhamdulillah dalam waktu lebih kurang selama tiga bulan yaitu bukan Juli mulai pelepasan bibit dan hari ini kita adakan panen perdana " ungkap Edi.

Dari hasil panen perdana ini nantinya akan kita bagikan kepada masyarakat terutama akan diberikan untuk  pencegahan Stunting didesa Gunung Kembang.
Jadi hasil panen lele ini akan kita bagikan kepada anak balita,ibu hamil dan warga yang kurang mampu sehinga sejak dini balita kita ajarkan untuk senang mengkonsumsi ikan.Jadi semua hasil panen kita bagikan ke masyarakat.

Kades berharap semoga program ketahanan pangan ini bisa terus berlanjut sehingga bisa berkembang pesat dan bisa bermanfaat dan berkelanjutan serta  berkesinambungan bagi masyarakat desa Gunung Kembang"tutupnya.

Mewakili Camat Merapi timur hadir juga Kasi Trantib Kecamatan Merapi Timur Neti Angreni SE MM yang mengapresiasi terhadap program ketahanan pangan desa Gunung Kembang yang saat ini sudah panen perdana.

"Dengan panen ini dan dibagikan kepada masyarakat berarti sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya makan ikan dimasyarakat untuk memenuhi gizi masyarakat.
Serta dengan program ketahanan pangan ini akan mengajarkan secara langsung kepada masyarakat bagaimana caranya untuk melakukan budidaya ikan lele ini sehingga mereka lebih mudah untuk  mengkonsumsi lele ini sehingga untuk peningkatan gizi seimbang.

Selain itu juga dengan program ketahanan pangan ini bisa meningkatkan percepatan pencegahan Stunting dan gizi buruk didesa Gunung Kembang" Tuturnya.

Sementara pihak ketiga CV Fharjun Farm menjelaskan bahwa kalau untuk budidaya secara tehnis dari hasil yang diperoleh saat ini sudah bisa dikatakan berhasil.

"Ya kalau secara teknis hasil ini dari pembibitan sampai panen sudah bisa dikatakan berhasil, dan jika sudah sampai berhasil maka kedepannya tinggal kita evaluasi untuk kedepannya bisa diarahlan untuk ke bisnis.Adapun saat ini merupakan panen Parsial yaitu panen yang tidak semua diambil,jadi yang masih ukurannya belum standar kira pelihara lagi.

Dan panen hari ini kurang lebih ada sekitar 2000 ikan lele jika ditimbang kilogram nya mungkin sekitar 200 kilogram " ungkapnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: