Bangun Irigasi Fokus Peningkatan Produksi Pertanian

Bangun Irigasi Fokus Peningkatan Produksi Pertanian

Monev Kecamatan Merapi Timur didesa Muara Lawai--

LAHATPOS.CO, Merapi timur -  Peningkatan produksi pertanian terutama bahan pangan beras menjadi prioritas  utama  pemerintah desa Muara Lawai didesa dalam merealisasikan Dana Desa tahap dua tahun 2023.

Dari hasil Monitoring Evaluasi Dana Desa Kecamatan Merapi Timur yang dilaksanakan didesa Muara Lawai pemerintah desa  memprioritaskan pembangunan siring irigasi sawah sepanjang 67 meter untuk  pengairan sawah tadah hujan didesa Muara Lawai.

Kepala desa Muara Lawai Mursalin mengungkapkan pembangunan  siring irigasi ini untuk  mengatur debit air yang ada disawah ketika saat musim hujan.Biasanya kalau musim hujan air langsung mengalir ke pembuangan sehingga tidak bisa dibendung langsung dan mengalir ke pembuangan.

"Tapi dengan di buat irigasi ini bisa untuk  menghambat keluarnya air dari sawah"

Jadi warga terutama para petani sawah yang bisa mengatur untuk membuang air atau menahan air,jadi kondisi air bisa di sesuaikan dengan kebutuhan yang perlukan oleh petani" Ungkapnya.

Sementara Camat Merapi timur melalui Kasi Pemerintahan Dodi Iskandarsyah SE  menuturkan untuk  desa Muara Lawai penggunaan Dana Desa ditahap kedua tahun 2023 ini sudah terealisasi  85 persen.

Dan didesa Muara Lawai ada beberapa pembangunan fisik yang dilaksanakan diantaranya pembangunan siring irigasi sawah sepanjang 67 meter, kemudian pembangunan jembatan beton dengan panjang 13  meter dan lebar 2 meter serta pembangunan rehab Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dan semua sudah kita Monitoring  dan hasilnya baik" Ujar Dodi.

Selain pembinaan tertib administrasi seperti Posyandu, KPM, insentif guru ngaji,insentif guru PAUD, didesa Muara Lawai untuk Dana Desa tahap dua ada juga pengadaan ambulan desa yang juga sekaligus hari ini juga diadakan  serah terima ambulan ke pemerintah desa dan diterima langsung oleh kepala desa Muara Lawai " ungkapnya (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: