Kades Satu Ini Turun Langsung Bersama Warga Untuk Foging Nyamuk

Kades Satu Ini Turun Langsung Bersama Warga Untuk Foging Nyamuk

Foging didesa Banjar Sari Kecamatan Merapi Timur --

LAHATPOS.CO,Merapi timur – Kades satu ini turun langsung bersama warga dan petugas kesehatan Puskesmas Merapi I unyum foging nyamuk.Dalam foging ini Pemerintah desa Banjar Sari bersama pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat melalui Puskesmas Merapi I turun langsung ke desa Banjar Sari untuk foging nyamuk Demam Berdarah dan Malaria.

Upaya ini untuk pencegahan dimasyarakat terutama ditempat yang rawan terjangkit DBD ataupun Malaria.
" Ya betul foging hari ini untuk pencegahan agar warga desa Banjar Sari tidak terjangkit DBD ataupun Malaria" kata Kades Banjar Sari Aldiansah kepada lahatpos.co Rabu 20 September 2023.

Menurut Aldi lebih baik kita mencegah dari pada kita mengobati  sehingga sebelum terjadi kita laksanakan foging dulu terutama ditempat umum yang rawan tergenang air sehingga menjadi tempat sarang nyamuk.
Di desa Banjar Sari selain diperumahan warga desa ada juga tempat tempat umum yang kita foging seperti sekolahan seperti SD Negeri 2 Merapi Timur,di seputaran masjid, polindes juga di kantor desa.
Memang foging ini merupakan salah satu program pencegahan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.
Sehingga untuk mencegah meluasnya wabah Demam Berdarah Dangue (DBD) dan Malaria, maka Pemerintah Desa Banjar Sari  bersama pihak Puskesmas Merapi I mengadakan fogging/pengasapan di Desa Banjar Sari  Kecamatan Merapi  Timur.

Hal ini dalam rangka pencegahan penyebaran wabah penyakit DBD. “Jadi saat ini kami pemerintah desa berupaya mengadakan fogging/pengasapan ke  wilayah Desa Banjar Sari

Meski tidak ada gejala namun kita antisipasi sebagai pencegahan.Saat ini kami sebagai pemerintah desa proaktif lakukan pencegahan agar wabah ini tidak terjadi” ujarnya.

Aldi juga mengakui meski dengan cara fogging ini bukan merupakan cara mencegah perkembangbiakan nyamuk. 

Dengan fogging sebenarnya hanya membunuh nyamuk yang dewasa saja, namun yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan di sekitar lingkungan rumah terutama di tempat tempat tergenangnya air.

Juga yang lebih penting lagi adalah terapkan 3M plus. Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air, Mengubur barang bekas ditambah, hindari gigitan nyamuk, tidur menggunakan kelambu, menyalakan obat nyamuk " ungkapnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: