Kapolda Sumsel Sampaikan Berbagi Tugas Cegah Kebakaran Hutan

Kapolda Sumsel Sampaikan Berbagi Tugas Cegah Kebakaran Hutan

Polres Lahat memfasilitasi ruang rapat koordinasi (rakor) pencegahan kebakaran hutan (karhutla) secara zoom bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK.--

LAHAT, Lahatpos.co - Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK membagi tugas masing masing jajaran aparatur pemerintah dan swasta dalan pencegahan kebakaran hutan (karhutla) di wilayah Sumatera Selatan. 

Polres Lahat memfasilitasi ruang rapat koordinasi (rakor) pencegahan kebakaran hutan (karhutla) secara zoom bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK.

Dari Polres Lahat, rakor berlangsung di ruang Rudal Ops Polres Lahat, Senin, 11 September 2023.

Kapolres Lahat melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat Aiptu Lispono SH menyampaikan rakor membahas pencegahan karhutla dan cara penanganan yang meliputi :

BACA JUGA:Alhamdulillah, KPM di Wilayah Kabupaten Lahat Akan Menerima Bantuan Pangan Beras Pemerintah, ini Jumlah peneri

- Pihak Pemda, Polres, Kodim serta unsur Forkopimda dan unsur terkait di dalamnya untuk melakukan analisis perihal terjadinya karhutla, mendirikan posko, dan membagikan raskin untuk masyarakat yang terkena dampak langsung karhutla, dan menegakkan hukum bagi pelanggar karhutla. 

- Dari pihak perusahaan kewajiban pengusaha perkebunan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, meningkatkan jiwa goting royong untuk saling mendukung sesuai dengan kemampuan. 

- Pihak tokoh masyarakat dan ulama untuk mensosialisasikan tentang karhutla melalui mimbar kotbah dan pengajian pengajian. 

- Pihak perguruan tinggi untuk melakukan pengenalan karakter terjadinya kebakaran hutan dan menyampaikan cara beekomunikasi kepada masyarakat dan petugas secara efektif dan persuasif. 

BACA JUGA:Cuma Modal Nomor HP, Saldo DANA Rp 200 Ribu Auto Cair

- Media untuk mempublikasikan bahaya dampak pembakaran hutan dan lahan, serta membuat himbauan tentang hahanya karhutla bagi kehidupan dan kesehatan. 

Rapat dihadiri Bupati Lahat H Cik Ujang SH yang diwakili Asisten III Drs Marjono, Kajari Lahat Gunawan Sumarjono SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Lahat Renaldo Hosoloan Tobing SH MH, Dandim 0405 Lahat diwakili Kasdim Mayor Inf Sugeng Purwadi, DPRD Lahat diwakili Sekwan, Kepala BPBD Drs H Ali Afandi,  perwakilan Dinas Perkebunan dan Pertanian, tokoh masyarakat dan ulama, perwakilan perusahaan, manggala agni, perwakilan perguruan tinggi, dan perwakilan wartawan serta LSM.* 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: