Tujuh Napi Langsung Bebas Terima Remisi HUT RI

Tujuh Napi Langsung Bebas Terima Remisi HUT RI

Penyerahan remisi kepada warga binaan Lapas Kelas IIA Lahat dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke 78 tahun. Sebanyak tujuh napi langsung bebas.-Foto : Zaki/Lahat Pos-

LAHAT, Lahatpos.co - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan 507 remisi umum kepada narapidana di Lapas Kelas IIA Lahat dalam rangka peringatan HUT RI ke-78. Sebanyak 7 di antaranya langsung bebas.

Pemberian remisi tersebut diberikan langsung oleh Bupati Lahat H Cik Ujang SH didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Lahat Imam Purwanto BC IP SH usai upacara HUT Kemerdekaan ke 78 tahun, Kamis (17/8). 

Menurut Imam, pemberian remisi tersebut sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang telah bersungguh-sungguh mengikuti program pembinaan dengan baik sesuai ketentuan perundang-undangan di Lapas Kelas IIA Lahat. 

"Besaran remisi terdiri dari 15 hari, besaran remisi 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan dan  6 bulan," ujarnya. 

BACA JUGA:Bupati Lahat Hadiri Rapat Paripurna DPRD

Pada kesempatan itu Imam sempat membeberkan kondisi yang ada di Lapas Kelas IIA Lahat, mulai dari jumlah tahanan mencapai 614 orang, hingga overkapasitas sebesar 200 persen lebih. 

"Memang kondisi Lapas Lahat cukup banyak dihuni tahanan, kiranya dapat mengusulkan untuk dapat diberikan lahan ditempat yang baru," kata Imam. 

Sementara Bupati Lahat H Cik Ujang SH disampaikan Wakil Bupati H Haryanto SE MM mengatakan, kepada warga binaan untuk selalu berperilaku baik, mematuhi aturan yang berlaku, serta mengikuti program pembinaan dengan giat dan bersungguh-sungguh. 

Sebab, kata dia, program pembinaan yang sedang dijalankan saat ini merupakan sebuah sarana untuk mendekatkan warga binaan kepada kehidupan masyarakat. 

BACA JUGA:Horee..Tiga Bayi Lahir Tanggal 17 Agustus di Lahat

"Pemerintah memberikan pengurangan remisi yakni sebagai dedikasi dan pembinaan serta kepedulian. Kepada semua warga binaan pembinaan memenuhui aturan dan tata tertib di Lapas sehingga mental posisif bisa kembali ke masyarakat," ujarnya. 

Kata H Haryanto, mengenai usulan lahan bahwa pemerintah daerah berencana akan mempersiapkan lahannya seluas 2 hektar. 

"Mudah-mudahan di tahun 2024, dan diutamakan lahannya di dekat air," ujarnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: