Mantap, Lahat Raih 3 Kategori Juara Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel

Mantap, Lahat Raih 3 Kategori Juara Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel

Kabupaten Lahat berhasil meraih 3 kategori juara pada Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel. Program Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel dan Harian Sumatera Ekspres (grup media ini).--

PALEMBANG, Lahatpos.co – Kabupaten Lahat berhasil meraih 3 kategori juara pada Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel. Program Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel dan Harian Sumatera Ekspres (grup media ini).

3 kategori juara yang diraih Kabupaten Lahat adalah Juara 1 kategori Homestay Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Juara 3 kategori Kelembagaan Desa Sukaraja Kecamatan Kota Agung, dan Juara Harapan 1 kategori Daya Tarik Pengunjung Desa Sindang Panjang Kecamatan Tanjung Sakti Pumi.

Bupati Lahat H Cik Ujang SH, melalui Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Stastistik H Rudi Darma Setiawan SE MM mengungkapkan rasa bangga bahwa destinasi wisata Kabupaten Lahat mendapatkan juara ditingkat provinsi.

“Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Harian Sumatera Ekspres telah menggelar acara tersebut. Kami ucapkan selamat kepada perwakilan Kabupaten Lahat yang telah mengharumkan Kabupaten Lahat ditingkat Provinsi Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Acara Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel bertempat di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (9/8). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Herman Deru menyampaikan, penganugerahan pesona desa wisata ini merupakan ide brilian Sumeks yang perlu diteruskan apalagi ini penilaiannya secara konkrit.

"Saya mengapresiasi Sumeks membantu menggali, membangun serta mempromosikan budaya dan wisata yang ada di Sumsel," katanya. 

Lanjut Herman Deru mengatakan sebagai media yang besar Sumeks mempunyai perhatian besar terhadap  destinasi wisata yang dikelola masyarakat di desa.

Artinya, lanjut Herman Deru apa yang dilakukan Sumeksini membantu para Bupati/Walikota dalam menggerakan perkonomian di wilayah  masing-masing. 

Sebab menurutnya pariwisata ini tidak  bisa berdiri sendiri-sendiri karena butuh kerja komperensif yang terintegrasi.

"Maka kita lihat didalam penilaiannya berbeda seperti homestay, souvenir, dan lainnya. Jadi dengan begitu akan menjadi destinasi wisata yang komplit,"terangnya.

Herman Deru juga meminta kepada Disbudpar Provinsi Sumsel dan Kabupaten/Kota untuk mengambil peran dalam manajemennya. Termasuk Dinas Ke PU-ann harus turun tangan dalam membackup setiap akses bagi wisata baik itu di perairan dan lainnya. 

"Saya minta untuk kepariwasataan jangan melanggar aturan bagi  kearifan lokal," pungkasnya.

Sementara itu, General Manager Sumatera Ekspres Nurseri Marwah melaporkan, Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel memiliki empat kategori yaitu daya tarik wisata pengujung, Homestay, souvenir dan kelembagaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: