PLTS Irigasi Bukit Asam (PTBA) Jadi Andalan Petani Desa Nanjungan

PLTS Irigasi Bukit Asam (PTBA) Jadi Andalan Petani Desa Nanjungan

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dibangun PT Bukit Asam Tbk (PTBA) di Desa Nanjungan, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, memberikan manfaat yang signifikan bagi para petani di wilayah tersebut. --

Pompa tersebut digerakkan oleh listrik yang dihasilkan dari 100 panel PV polycrystaline berkapasitas masing-masing 275 Watt peak (Wp). 

Pompa menyedot air Sungai Lematang sejauh 1,4 kilometer (km) ke embung yang kemudian didistribusikan ke sawah warga.

BACA JUGA:Jalan Tol Lubuk Linggau-Kapahiang dan Jalan Tol Kapahiang-Taba Penanjung Lagi Persiapan Pembebasan Lahan

VP Sustainability PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Hartono, menjelaskan bahwa pembangunan PLTS irigasi merupakan salah satu upaya PT Bukit Asam untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. 

Tak hanya membangun PLTS irigasi, PT Bukit Asam juga melibatkan dan memberdayakan masyarakat untuk melakukan perawatan rutin peralatan PLTS irigasi. 

Diharapkan peralatan yang sudah diserahterimakan kepada masyarakat dapat bertahan dalam jangka panjang.

"Pembangunan PLTS irigasi dapat meningkatkan kemandirian sosial ekonomi masyarakat, dan mengoptimalkan hasil produksi pertanian. Selain itu, pemanfaatan energi terbarukan berbasis tenaga surya ini menjadi salah satu upaya dalam gerakan transformasi untuk pemanfaatan sumber energi yang ramah lingkungan," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: