Mantap, Aceh Sudah Punya Jalan Tol

Mantap, Aceh Sudah Punya Jalan Tol

Jalan tol Sigli - Banda Aceh sudah selesai dibangun. --

ACEH, Lahatpos.co - Jalan tol yang dibangun pemerintah sudah sampai di Aceh. Pembangunan jalan tol ini secara perlahan terus dibangun. Hingga sampai Lampung.

Pemerintah pusat melalui Hutama Karya saat ini lagi membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Aceh sampai Lampung.

Jalan tol Sigli - Banda Aceh sudah selesai dibangun. Tinggal menunggu peresmian saja.

Pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) seksi 5-6 akhirnya rampung. 

BACA JUGA:Rumah Sendirian di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Akhirnya Kena Bongkar

Jalan tol ini membentang sepanjang Blang Bintang-Baitussalam sepanjang 12,7 km.

Kementerian PUPR menyebutkan, jelang beroperasi resmi nanti, jalan tol ini sudah mulai bisa digunakan dan tanpa tarif alias gratis.

Jalan tol Sibanceh merupakan salah satu ruas utama (backbone) jalan tol Trans-Sumatera. Dan, merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN)

"Dengan jalan tol ini, waktu tempuh Sigli-Banda Aceh dapat dipersingkat dari 3 jam menjadi hanya 1 jam," tulis @/KemenPU.

BACA JUGA:Perkembangan Terbaru Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim

Sebagai informasi, Tol Sibanceh sepanjang 74,2 kilometer terdiri atas enam seksi. Seksi 1, yakni ruas Padang Tiji-Seulimeum, Seksi 2 Seulimeum-Jantho, da Seksi 3 Jantho-Indrapuri.

Adapun Seksi 4 mencakup ruas Indrapuri-Blang Bintang, Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro, dan Seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam.

Pembangunan Tol Sibanceh dengan nilai investasi sebesar Rp 12,35 triliun ini dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero) sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor.

Nantinya, ruas ini akan terhubung dengan Tol Lhokseumawe-Sigli yang masih dalam tahap perencanaan oleh Kementerian PUPR dan PT Hutama Karya (Persero).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: