Suku Anak Dalam Penghuni yang Pertama Sumatera Selatan

Suku Anak Dalam Penghuni yang Pertama Sumatera Selatan

Suku Anak Dalam orang yang pertama berada di Sumatera Selatan.--

LAHAT, Lahatpos.co - Apabila daerah Sumatera Selatan mulai dihuni oleh manusia. Darimana asalnya, bukanlah merupakan pertanyaan yang mudah dijawab. 

Hingga sekarang baik sebagai basil ekskavasi maupun sebagai temuan permukaan atau pun sebagai akibat erosi dan sebagainya, belumlah pernah didapat sisa-sisa tulang belulang manusia purba ini. 

Akan tetapi untuk mencari kapan daerah ini telah dihuni (manusia), maka berdasarkan peralatan yang ditemukan dapatlah dipastikan sudah sejak masa lama sekali yaitu Palaeolithicum.

Berdasarkan dokumen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palembang Tahun 1991, secara teritorial, Sumatera Selatan bukan saja seperti yang ada sekarang. 

BACA JUGA:Gawat, Pegawai PPPK Bisa dianggap Mengundurkan diri Gara Gara ini

Melainkan lebih luas lagi.

Termasuk daerah Jambi, Lampung dan Bengkulu bersatu di dalamnya. 

Dengan demikian, maka peninggalan yang terdapat di daerah ini pun sebagai satu jalinan untuk mengetahui asal mula penghuni daerah ini. 

"Oji Bengkulu, di lembah sungai Mengerub, 52 mil sebelah Utara Kota Bengkulu terdapat alat-alat Palaelithicum".

BACA JUGA:KASAD Dudung Abdurachman Resmikan Sumber Air Bersih MTs Suka Cinta Lahat

Di daerah Sumatera Selatan sendiri benda-benda Palaeolithicua ditemukan pula. 

"…. di Desa Bungamas, kira-kira 20 km sebelah Barat Laut Lahat, telah diketemukan sebuah alat serpih yang terserak di krakalan jalan kereta api di sebelah Selatan desa tersebut” 

Penemuan ini mendorong dilakukannya pencarian yang lebih teliti di sekitar tempat itu, yang berhasil mengumpulkan sejumlah alat-alat "palaeolithicum" di dasar Sungai Saling.

Sungai Saling, salah satu cabang Sungai Kikim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: