Ini Cara Dinas Perpustakaan Lahat Tingkatkan Minat Baca

Ini Cara Dinas Perpustakaan Lahat Tingkatkan Minat Baca

Mobil perpustakaan keliling (pusling) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lahat melayani pembaca.--

LAHATPOS.CO, Lahat - Banyak cara dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lahat meningkatkan literasi ataupun minat baca. Salah satunya menyediakan layanan Perpustakaan Keliling (Pusling) dengan menggunakan mobil. 

Beroperasi di akhir pekan yakni minggu dengan keliling ke berbagai tempat seperti di Lapangan eks MTQ, Kota Lahat, panti asuhan putra putri Al-Kausar dan Lapas Kelas IIA Lahat

Layanan ini kian diserbu masyarakat, warga binaan dan peserta didik baik tingkat sekolah TK, SD, SMP hingga SMA.  

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lahat,  H Firdaus Kurniawan SE MSi melalui Kabid Layanan, Elis Suryati SE menjelaskan, pihaknya terus berupaya menggalakkan minat baca bagi pelajar Kabupaten Lahat. 

BACA JUGA:SD Negeri 1 Lahat Kebakaran ini Bagian yang Terbakar

Mulai dari strategi dalam menambah fasilitas pojok baca, lakukan layanan jemput bola dengan mobil perpustakaan keliling (pusling). 

"Layanan jemput bola dengan mobil pusling memang startegi kami untuk menarik pelajar dan masyarakat, guna meningkatkan literasi," ujarnya. 

Selain itu, pihaknya juga memberikan pelayanan aktif setiap hari di kantor bahkan buka hingga Sabtu dan Minggu mulai dari 8 Juli 2023 dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. 

Masyarakat dan peserta didik yang datang ke dinas juga dapat fasilitas layanan internet gratis. 

BACA JUGA:Herman Deru Optimis Rumah Tahfidz di Sumsel Semakin Berkembang Pesat

Strategi ini supaya untuk pelayanan pengunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lahat. 

"Layanan internet sedang kita proses pemasangan, jadi pengunjung yang datang dapat lebih nyaman datang, misalkan mengerjakan tugas sekolah, mencari referensi ilmu pengetahuan dan lainnya. Jadi kantor buka setiap hari," ujarnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: