Jemaah Haji Lahat Melakukan Ziarah di Madinah

Jemaah Haji Lahat Melakukan Ziarah di Madinah

Jamaah haji Lahat kloter 13 PLM.--

LAHATPOS.CO, Madinah - Jemaah haji Kabupaten Lahat kloter 13 PLM mengikuti rangkaian kegiatan di Madinah, Jumat 14 Juli 2023. 

Pimpinan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Assalam Lahat, HM Rommy Oktarius Lc mengabarkan, jemaah Haji Lahat kloter 13 PLM mengikuti ziarah ke Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Kebun Kurma, dan Jabal Uhud.


--

Masjid pertama yang dibangun dalam sejarah Islam adalah Masjid Quba. Nabi Muhammad pernah mengatakan bahwa salat di Masjid Quba memiliki keutamaan besar, yaitu bernilai seperti pahala umrah.

“Alhamdulillah jemaah haji Lahat dapat mengerjakan salat dua rakaat di Masjid Quba, yang nilai pahalanya seperti mengerjakan umrah,” ujarnya.


--

Ada juga ziarah ke Masjid Qiblatain. Masjid dua kiblat. Dalam sejarahnya, Nabi Muhammad sedang mengimami salat Dzuhur. Dua rakaat pertama kiblatnya menghadap Baitul Maqdis (Palestina). Tiba tiba turun Malaikat Jibril menyampaikan wahyu agar Nabi salat menghadap Masjidil Haram (Mekkah). 

Maka, dua rakaat berikutnya nabi melanjutkan salat langsung menghadap ke Masjidil Haram, yang diikuti oleh makmum salat. 


--

Jemaah haji juga mengunjungi kebun kurma. Di dekat kebun kurma, terdapat minimarket yang khusus menjual buah kurma maupun makanan oleh oleh khas tanah Arab.

Selesai dari kebun kurma, jemaah haji Lahat kloter 13 PLM melakukan ziarah ke Jabal Uhud atau Bukit Uhud.


--

Jabal Uhud bukan gunung biasa. Jabal Uhud memiliki nilai sejarah bagi umat Islam. Tak seperti gunung atau bukit lainnya di Madinah, Jabal Uhud memiliki keistimewaan tersendiri. 

Bahkan Jabal Uhud adalah salah satu gunung yang dijanjikan kelak ada di surga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: