Jumlah KPM PKH di Lahat Turun, Ini Penyebabnya

Jumlah KPM PKH di Lahat Turun, Ini Penyebabnya

Jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Lahat untuk tahun 2023, menurun.--


Lahatpos.co - Bila dibanding tahun 2022 lalu, jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Lahat untuk tahun 2023, menurun. Dari data Dinas Sosial Kabupaten Lahat, jika akhir tahun 2022 lalu masih diangka 18.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Namun di awal tahun 2023 lalu, tercatat hanya 17.011 KPM yang mendapatkan dana PKH.

Kepala Dinas Sosial Ekman Mulyadi SSos didampingi Koordinator PKH, Dani Setianto menjelaskan per awal tahun ini, Pendamping PKH kembali melakukan verifikasi dan pendataan KPM yang berhak mendapatkan dana PKH di tahap pertama tahun 2023. Sebagai hasilnya, ada penurunan jumlah KPM PKH. "Jumlahnya menurun, untuk data hingga bulan Juni 2023 sekarang sudah diangka lebih 16.000 KPM," ujar Dani via seluler, kemarin.

Katanya, penuruan ini ada beberapa sebab. Selain sudah tidak adanya lagi komponen seperti anaknya lulus sekolah yang dipastikan tidak mendapatkan dana PKH lagi. Termasuk yang habis komponen seperti ibu hamil. "Kemudian karena graduasi, sudah mampu dan pindah alamat yang tidak melapor sehingga datanya tidak ditemukan, ada juga secara mandiri mengundurkan diri," ujarnya.

Sambungnya, untuk pencairan dana PKH triwulan 1 dan 2 sudah dilaksanakan mulai. Sedangkan besarannya sesuai jumlah komponen dan dicairkan langsung ke rekening kartu PKH masing-masing.  "Untuk triwulan ke tiga belum kemungkinan bulan depan. Tapi kita kurang tau pasti mas, karena itu dari pusat," katanya kepada Lahat Pos.

Para penerima bantuan PKH merupakan keluarga miskin dengan kategori dan besaran bantuan yang bervariasi. "Bantuan dari pusat tersebut digunakan sesuai PKH, karena bertujuan untuk memenuhui kebutuhan," katanya. (zki)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: program keluarga harapan