Danau Batu Lahat

Danau Batu Lahat

Situs megalitik Batu Bute yang berada di kebun karet.--

Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Lahat pada tahun 2012 menerima penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai Pemilik Situs Megalitik Terbanyak se Indonesia. 

Situs megalitik di Kabupaten Lahat tersebar di 69 situs megalitik yang berada di 16 kecamatan dan salah satunya adalah Situs Megalitik Batu Bute. 

Di Situs Megalitik Batu Bute terdapat 1 arca manusia dan 2 batu datar. 

Arca manusia di situs ini disebut dengan Batu Bute yang menggambarkan seorang dewasa dengan memakai baju/jubah, ikat pinggang, sanggul dan gelang tangan sedang dalam posisi duduk jongkok  memegang salah satu tangan anak yang berada didepannya.

Akan tetapi bagian kepala anak sudah hilang.

Bagian kepala orang dewasa juga sudah mengalami kerusakan dengan raut muka tidak dapat diindentifikasi sehingga arca ini disebut dengan Batu Bute. 

Dua batu datar berada di depan arca sekitar jarak 2 meter. 

Situs megalitik ini belum terpelihara dengan baik salah satu penyebabnya belum adanya juru pelihara yang bertugas melakukan pemeliharaan.

Dari Situs Megalitik Batu Bute tim meneruskan perjalanan ke Danau Batu, jika situs megalitik tepat berada di tepi jalan. 

Sedangkan Danau Batu masih dibutuhkan waktu 50 meter berjalan dari tepi jalan aspal dengan menyusuri kebun kopi dan kebun pisang yang tepat berada di tepi danau. 

Di tepi danau kita dapat melihat dengan lantang seluruh bagian danau yang konon mempunyai luas hingga 18 ha dengan latar belakang indahnya gugusan Bukit Barisan yang terlihat kebiruan. 

Saat ini di sekeliling danau berupa kebun pisang, kebun karet, kebun kopi, kebun jagung, persawahan dan semak belukar. 

Dari indormasi yang didapat Danau Batu pernah dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Dengan adanya beberapa permainan air dan juga dilakukan pengerukan tanah akan tetapi kondisi saat ini hanya berupa danau yang dimanfaatkan masyarakat untuk memancing ikan. 

Di Desa Muara Danau, selain Situs Megalitik Batu Bute dan Danau Batu juga ada air terjun/cughup yaitu Cughup Jambat Akar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: