Pemda Lahat

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel Melompat Drastis

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel Melompat Drastis

Gubernur Sumsel H Herman Deru.--

Palembang, Lahatpos.co – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumsel.

Kepala BPS Sumsel Moh Wahyu Yulianto, melonjaknya IPM Sumsel dapat diketahui dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Tahun 2022 IPM Sumsel melonjak menyentuh angka 70,90. Tadinya 70,24 IPM Sumsel tahun 2021.

IPM Sumsel sempat turun tahun 2018 hanya sebesar 69,39.

BACA JUGA:Anak-Anak TK/Paud Tarbiyah Diniyah Prabu Menang Sangat Senang Dapat Meja Kursi Baru

Menurutnya, pergerakan IPM Sumsel selama lima tahun terakhir mengalami kenaikan signifikan kendati sempat mengalami hambatan akibat adanya pandemi covid-19.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumsel Regina Ariyanti, ST mengungkapkan, salah satu upaya memberikan dampak signifikan bagi peningkatan IPM dan penurunan angka kemiskinan yakni melalui dana Bantuan Gubernur Khusus (Bangubsus).

Bangubsus mampu mendorong pemerataan pembangunan di sejumlah daerah mulai dari pembangunan di sektor kesehatan, pendidikan hingga ekonomi.

Bangubsus berdampak besar bagi pertumbuhan IPM dan capaian penurunan angka kemiskinan ini. 

BACA JUGA:Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini Kegiatan PT PAMA

“Seperti yang kita ketahui, angka kemiskinan kita saat ini sebesar 11,95 persen merupakan capaian terendah dalam 10 tahun terakhir,” ujarnya. 

Yang pasti, program yang telah dilakukan gubernur untuk membantu kabupaten kota melalui Bangubsus sangat membawa manfaat bagi daerah.

Regina menyebut, keseriusan Pemprov Sumsel dalam meningkatkan IPM dapat dilihat dari catatan sepanjang 10 tahun terakhir. 

Bahkan saat terjadinya guncangan di berbagai sektor akibat pandemi covid-19, IPM Sumsel justru tidak mengalami penurunan yang berarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: