Minat Masuk SMK? Apa sih Kelebihannya, Simak Disini

Minat Masuk SMK? Apa sih Kelebihannya, Simak Disini

Salah satu SMK yang ada di Kota Lahat.--

Pendidikan kejuruan akan membawa anda kepada suasana belajar yang benar-benar berbasis praktikal, sehingga akan lebih banyak praktik daripada pembelajaran teori. 

Pelajar SMK lebih mengutamakan pembelajaran praktik daripada teori. Hal tersebut karena siswa SMK ditargetkan dalam pelajaran kejurusan yang memang harus banyak dipelajari dalam kegiatan praktik.

3) Banyak Pilihan Program

Keunggulan pendidikan kejuruan selanjutnya adalah banyaknya pilihan program sehingga sangat cocok bagi mereka yang sudah yakin dan paham mengenai karirnya. 

Ada begitu banyak bidang yang disediakan pendidikan kejuruan. Dibandingkan dengan universitas yang memiliki topik luas, pendidikan kejuruan (SMK) lebih ditekankan pada keahlian praktikal yang memang sangat dibutuhkan dalam industri.

4) Pembelajaran Berbasis Proyek

Program PKL atau Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu ciri khas pendidikan kejuruan, dimana PKL ini merupakan kegiatan praktik siswa SMK yang dilaksanakan langsung di lapangan atau perusahaan/industri. 

Dari kegiatan PKL ini siswa tentunya dapat mempelajari berbagai hal ketika terjun langsung ke lapangan sebagai pengalaman. 

Selain itu, SMK juga memiliki Teaching Factory yang juga merupakan pembelajaran berbasis industri.

5) Pembelajaran Berwawasan Link-and-Match

Link-and-Match direalisasikan dalam bentuk pengenalan pendidikan sistem ganda, pembentukan majelis kejuruan, penggalakan unit produksi, penerapan kurikulum berbasis kompetensi, dan pengenalan broad based curriculum. 

Secara filosofis Link-and-Match mengandung makna wawasan pengembangan sumber daya manusia, wawasan masa depan, wawasan mutu dan keunggulan, wawasan profesionalisme, wawasan nilai tambah, dan wawasan efesiensi. 

Link-and-Match antara sekolah dan perusahaan/industri membekali siswa untuk mempelajari pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

6) Lulusan Siap Kerja

Siswa disiapkan menjadi lulusan yang siap memasuki dunia kerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co