Pemda Lahat

Wujudkan Masa Depan Cerah Petani Indonesia, Lahat Siap Sukseskan Sensus Pertanian 2023

Wujudkan Masa Depan Cerah Petani Indonesia, Lahat Siap Sukseskan Sensus Pertanian 2023

BPS Kabupaten Lahat menggelar acara Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 (ST2023) di Gedung Pertemuan Pemda Lahat, Selasa, 30 Mei 2023. --

Lahat, Lahatpos.co - BPS Kabupaten Lahat menggelar acara Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 (ST2023) di Gedung Pertemuan Pemda Lahat, Selasa, 30 Mei 2023. 

Kepala BPS Kabupaten Lahat, Muhammad Dedy SST MSi menyampaikan, “Apel siaga ini menjadi komitmen bersama bahwa semua pihak yang terlibat terutama petugas yang akan turun ke lapangan telah siap menyukseskan Sensus Pertanian 2023.”

Apel siaga ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM dan dihadiri oleh Forkopimda Lahat, Kepala OPD terkait, seluruh Camat di Kabupaten Lahat, penyuluh pertanian, mitra BPS yang berperan sebagai petugas lapangan ST2023, serta seluruh pegawai BPS Kabupaten Lahat.

“Suksesnya Sensus Pertanian 2023 memerlukan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak terkait. Dibutuhkan partisipasi aktif dan komitmen bersama agar Sensus Pertanian 2023 dapat berjalan dengan baik sehingga menghasilkan data pertanian yang up to date dan berkualitas,” arahan Wakil Bupati Lahat, H Haryanto SE MM pada saat membuka acara secara resmi. 

Pada kesempatan ini juga dilakukan peresmian Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 oleh Wakil Bupati Lahat, serta dilanjutkan dengan penyematan atribut petugas ST2023 berupa tanda pengenal (name tag) dan topi ST2023. 

Adanya atribut ST2023 ini membuat petugas mudah dikenali oleh masyarakat atau responden yang menjadi target Sensus Pertanian 2023.

Sensus Pertanian 2023 akan digelar secara serentak pada 1 Juni hingga 31 Juli 2023 dengan mengusung tagline “Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”. 

Hajat besar pendataan di bidang pertanian yang dilaksanakan tiap satu dasawarsa ini untuk mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat sebagai bahan perencanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya di sektor pertanian.

Tujuan dari ST2023 adalah menyediakan data struktur pertanian, terutama untuk unit-unit administrasi terkecil, menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian saat ini, da nmenyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian berkelanjutan.

Kegiatan pertanian yang tercakup dalam ST2023 meliputi 7 (tujuh) subsektor, yaitu Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Jasa Pertanian.  

Terdapat tiga target ST2023, yaitu Usaha Pertanian Perorangan (UTP), Usaha Perusahaan Pertanian Berbadan Hukum (UPB), dan Usaha Pertanian Lainnya (UTL).

Kegiatan Apel Siaga ini menjadi komitmen bersama setiap pihak terkait untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2023 khususnya di Kabupaten Lahat sehingga diharapkan misi besar Sensus Pertanian 2023 yakni kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani Indonesia dapat tercapai. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: