Pemda Lahat

Peternakan Kebur Farm Sediakan Kambing untuk Hewan Kurban

Peternakan Kebur Farm Sediakan Kambing untuk Hewan Kurban

Tim Monitoring Kecamatan Merapi Barat mengunjungi peternakan Kebur Farm.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

Lahat, Lahatpos.co - Bagi anda yang ingin berkurban pada Hari Raya Idul Adha mendatang, mungkin bisa mendatangi Peternakan Kebur Farm.

Kebur Farm berada di Desa Kebur Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Peternakan Kebur Farm ternyata merupakan peternakan penggemukan Kambing di Desa Kebur yang juga ternyata merupakan program ketahanan pangan Desa Kebur Kecamatan Merapi Barat tahun 2022 silam.

Hal ini sesuai dengan hasil Monitoring Evaluasi Dana Desa Tahap Tiga Tahun 2022 oleh Tim Kecamatan Merapi Barat di Desa Kebur.

Ketua BPD Desa Kebur Saharudin saat dikonfirmasi lahatpos.co Jumat 26 Mei 2023 mengungkapkan, bahwa ketahanan pangan Desa Kebur saat ini yang pertama adalah program penggemukan Kambing.

“Ini merupakan program kelompok tani Desa Kebur yang terdiri dari anggota kelompok yang berjumlah enam orang,” ungkapnya.

Jumlah kambing sebanyak 78 ekor.

Jenis kambing dari berbagai jenis ada yang lokal maupun didatangkan khusus dari Provinsi Lampung.

Menurut Saharuddin, dari jumlah 78 ekor ini, dan beberapa yang sudah siap untuk dikurbankan pada hari raya nanti.

"Dari jumlah 78 kambing ini yang sudah siap kurban ada sekitar 40 an, kurang lebih," kata Ketua BPD Desa Kebur ini.

“Bagi masyarakat yang berniat untuk berkurban, silahkan datang ke Desa Kebur dilihat jika kambingnya cocok sesuai dengan kriteria ya kite berasan," ucapnya.

Kalau untuk harga kambing kurban itu berkisar harga Rp3,3 juta, namun tetap disesuaikan dengan kondisi kambingnya sendiri. “Yang jelas kite berasan kudai," ujarnya.

Saharuddin menyebut, selain peternakan kambing untuk ketahanan pangan Desa Kebur, juga ada dibidang pertanian yaitu Kelompok Tani Mulak Pari Desa Kebur.

“Untuk pertanian kita juga sudah menyediakan peralatan pertanian seperti cangkul, sengkuit, racun rumput, sarung tangan, alat semprot, serta yang masih dipesan yaitu, sepatu bot yang insyaallah sebentar lagi akan segera datang, karena saat ini masih dipesan,” katanya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: