Kepala Desa di Lahat Temui Gubernur Sumsel, Dalam Rangka Pembentukan ini

Kepala Desa di Lahat Temui Gubernur Sumsel, Dalam Rangka Pembentukan ini

Kepala desa Kabupaten Lahat, Kepala Kesbangpol Lahat, bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru.--

Lahat, Lahatpos.co – Sejumlah kepala desa di Kabupaten Lahat bertemu Gubernur Sumsel H Herman Deru di Palembang. Pertemuan ini dalam rangka persiapan pembentukan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Sumatera Selatan, dan APDESI kabupaten/kota.

Kehadiran kepala desa disambut Gubernur Sumsel di Rumah Dinas Gubernur, Griya Agung Palembang, Minggu, 21 Mei 2023.

Pertemuan juga dihadiri oleh Ketua Umum DPP Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI), H Surta Wijaya SPd MSi, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Lahat, Raswan Ansori SE.

Surtawijaya merupakan Ketua APDESI Provinsi Banten, kemudian terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum DPP APDESI masa bakti 2021-2026.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Lahat Peringkat Empat STQH Tingkat Provinsi Sumatera Selatan

Gubernur Sumsel mengatakan, Pemerintahan Desa (Pemdes) sangat berperan penting dalam pembangunan desa. 

Khususnya, Kepala Desa beserta jajarannya yang diberikan wewenang untuk mengurus wilayahnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (ditetapkan tanggal 30 Mei 2014). 

Pemerintah desa dalam melaksanakan tugas pembangunan dan penyelenggaraan pelayanan pada masyarakat, juga harus benar-benar memahami kapasitas yang menjadi kewenangan maupun tugasnya masing-masing.

"Saya berharap Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dapat berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia untuk membangun sinergitas sebagai upaya kepaduan strategis antara kebijakan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah desa,” harapnya.

BACA JUGA:Keren, Lebih dari 10 Ribu Masyarakat Lahat Hadir Ikut Jalan Santai HUT Lahat

Sehingga akan menciptakan tata kelola pemerintahan yang mampu melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah pedesaan.  

Kades Tanjung Payang Sapri membenarkan pihaknya telah bertemu dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru. Dalam rangka persiapan pembentukan dan pelantikan pengurus APDESI. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: apdesi