Optimis Desa Purbamas Kikim Tengah Menang Lomba Desa 2023

Optimis Desa Purbamas Kikim Tengah Menang Lomba Desa 2023

Acara penilaian lomba desa di desa purbamas kecamatan kikim tengah.-Foto : April/lahatpos.co-

Kikim Tengah, Lahatpos.co - Tim penilai kabupaten melakukan penilaian terhadap Desa Purbamas  Kecamatan Kikim Tengah Kabupaten Lahat dalam Lomba Desa Tahun 2023, Senin, 15 Mei 2023.

Camat Kikim Tengah, Anthoni Hakman SE menjelaskan, melalui lomba desa diharapkan hubungan pemerintah desa dengan masyarakat semakin baik, khususnya dalam pembangunan di desa dengan masyarakat yang aktif memberikan masukan kepada pemerintah desa.


--

“Ya terutama dalam kegiatan yang sesuai dengan indikator Permendagri Nomor 81 Tahun 2015. Ada tiga bidang yang menjadi objek penilaian yaitu, pemerintah desa, kewilayahan, dan kemasyarakatan,” ujar Anthoni Hakman.

Selain tiga indikator tersebut, lanjut Camat, inovasi yang dilahirkan oleh Desa Purbamas juga menjadi salah satu poin pada penilaian dalam lomba desa, dalam hal pengembangan UMKM.

BACA JUGA:Perempuan Dapat Beasiswa Kuliah Rp10 Juta Per Semester, Lihat Disini

“Kita ketahui Desa Purbamas banyak sekali pengembangan - pengembangan UMKM sebagai contoh, keripik singkong, dan masih banyak lagi yang lainya tidak bisa kita sebutkan satu persatu. Ini adalah contoh terbaik dari Desa Purbamas,” ujarnya.

Sastra juga menyebut, dengan adanya lomba desa, merupakan momentum terbaik untuk melihat sejauhmana progres pelaksanaan pembangunan di desa.

Kepala Desa Purbamas Nurohman menyampaikan bahwa Desa Purbamas Kecamatan Kikim Tengah adalah salah satu desa yang mewakili Kecamatan Kikim Tengah pada Lomba Desa tingkat Kabupaten Lahat tahun 2023.

“Tentu saja penunjukan ini sesuai realita dan fakta di lapangan. Dukungan dan peran seluruh komponen masyarakat tanpa kecuali. Dan ini sangat mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dan kegiatan masyarakat Desa Purbamas,” tegasnya.

BACA JUGA:Atamsi Indra : Kami hanya Menyalurkan Bantuan Miskin Ekstrim

Ia berharap kepada masyarakat khususnya Desa Purbamas lebih baik lagi dan lebih semangat untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba desa tahun yang akan datang, karena dengan tingginya semangat  akan membuahkan hasil yang didapat.

“Saya juga yakin dengan penuh semangat Desa Purbamas dapat masuk nominasi untuk penilaian lomba selanjutnya,” ujar Kepala Desa.

Acara tersebut dihadiri Camat Kikim Tengah, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan rombongan, Kapolsek Kikim Tengah, Ketua BPD Purbamas dan beserta tamu undangan lainnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lomba desa